Launching Calendar Of Event Shine On Wakatobi Berjalan Sukses

oleh -2 views
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sultra H Nur Alam, dan Bupati Wakatobi H Arhawi saat menekan tombol yang menandakan Calender Of Even Shine On Wakatobi 2017 resmi di Launching
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sultra H Nur Alam, dan Bupati Wakatobi H Arhawi saat menekan tombol yang menandakan Calender Of Even Shine On Wakatobi 2017 resmi di Launching
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, JAKARTA – Launching Calendar Of Event Shine On Wakatobi yang dilaksanakan, Kamis (20/4/2017) malam, di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata RI berjalan dengan sukses.

Launching dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dengan disaksikan oleh beberapa kementerian terkait, para pelaku industri pariwisata nasional, Gubernur Sultra H Nur Alam, dan Anggota DPR / DPD RI serta DPRD Kabupaten Wakatobi.

Berikut Event yang akan dilaksanakan Wakatobi dalam setahun :

* 27-28 Januari ( Talk Show Sehati)
* 5 Februari (Pagelaran Budaya Wakatobi – Semalam Dipulau Tomia)
* 26-28 Maret (Festifal Pulau Tukang Besi)
* 7-9 April (Pemilihan Duta Wisata)
* 8-15 April (HUT & Festival Wangiwangi Selatan)
*22 April (Hari Bumi – Coral Artificial Garden)
* 17-20 Mei (Wowine Festival)
* 21-25 Mei (Underwater Photo Rally Competition)
* 28-30 Juni (Festival Pulau Tomia)
* 13 Juli (Kunjungan Kapal Pesiar – Celedonian sky)
* 10-13 Agustus (Sail Wonderfull 2017)
* 28-30 Agustus (Festival Sampea Liya)
* 15-18 September (Festival Barata Kahedupa)
* 28 September (Semalam di Liya Togo)
* 19-22 Oktober (Wakatobi Wave)
* 18 Desember (HUT Wakatobi(

Penandatangan Kerja sama Kemenpar dan Pemda Wakatobi
Penandatangan Kerja sama Kemenpar dan Pemda Wakatobi

Dalam sambutannya, Arief Yahya mengatakan Wakatobi merupakan salah satu destinasi prioritas nasional atau yang lebih dikenal dengan 10 Top Ten Destinasi.

“Ini anugrah besar. Ini kesempatan luar biasa besar untuk Wakatobi, ” ujar Arief Yahya.

Arief Yahya menjelaskan 10 destinasi priotas merupakan 10 destinasi pariwisata yang akan dijadikan kelas dunia.

“Wakatobi akan menjadi pariwisata kelas dunia. Untuk itu Kementrian Pariwisata (Kemenpar) akan mendukung memasarkan khususnya yang menjadi Top Event. Saat ini yang kami masukan Top Event itu adalah Wakatobi Wave, kalau mau diganti boleh, ” katanya.

Untuk dapat menjadi destinasi dengan kelas dunia, maka bandara Matohara harus dijadikan terlebih dahulu sebagai bandara internasional. Saat ini pembangunan sudah mulai dilakukan perpanjangan dan pelebaran luas landasan sehingga pesawat berbadan besar bisa masuk ke Wakatobi.

“Sekarang terima saja dulu perpanjangan dari 2000 menjadi 2600 meter, dan luas dari 30 menjadi 45 meter, kedepan akan diperpanjang dan diperluas lagi,” ujarnya.

Menurut Arief Yahya, di Indonesia atau di level nasional, Wakatobi sejajar dengan Raja Empat dan Labuan Bajo.

“Kelas Wakatobi di Indonesia itu sama dengan Labuan Bajo dan Raja Empat. Kedua destinasi tersebut tahun ini bandaranya akan menjadi bandara internasional.

Untuk itu dukungan Kemenpar dalam mewujudkan Wakatobi menjadi kelas dunia, maka Kemenpar akan mendukung percepatan terbentuknya badan Otoritas Pariwisata Wakatobi. Lahan harus segera disiapkan untuk pembentukan badan Otoritas Pariwisata Wakatobi.

“Jadi pak Gubernur, Pak Bupati saya tunggu lahannya paling lambat Juni sudah ada. Pak Bupati sampaikan ke saya (Arief Yahya, red) apa keinginan masyarakat. Kalau masyarakat menginginkan kita menyewa ya kita akan sewa, kalau keinginannya tidak akan dijual ya kami tidak akan jual. Jadi Pak Bupati sampaikan saja apa keinginan mayarakat biar kami tahu, biar cepat selesai, karena kalau lambat akan memakan waktu lagi, ” pintanya.

Penampilan tarian tradisional Wakatobi
Penampilan tarian tradisional Wakatobi

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sultra H Nur Alam mengatakan keindahan pariwisata Wakatobi sudah dikenal banyak wisatawan namun masih memiliki kendala seperti akses yang terbatas untuk menjangkau Wakatobi.

“Kendala wisatawan saat ini ialah ketersedian akses transportasi yakni penerbangan. Dan juga saya (Nur Alam, red) ucapkan selamat kepada Pemda Wakatobi atas launching Calendar Of Even Shine On Wakatobi 2017,” ungkap Nur Alam.

Ditempat yang sama pula, Bupati Wakatobi H Arhawi mengatakan Launching Calendar Of Event Shine On Wakatobi 2017 ini merupakan salah satu wujud dalam menunjang niat pemerintah pusat dalam mengembangkan destinasi pariwisata Wakatobi menjadi kelas dunia.

“Di tahun-tahun sebelumnya yakni 2015 lalu event di Wakatobi hanya satu yakni Wakatobi Wave dan seiring berjalannya waktu di 2017 ini kita bisa selenggarakan 12 event bahkan lebih, ” ujarnya.

Menurut H Arhawi, yang menjadi tantangan saat ini ialah meningkatkan daya saing masyarakat lokal untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Presiden RI, Ir Joko Widodo Bakal Hadiri Event Wakatobi Wave 2017

Dalam pelaksanaan Event Wakatovi Wave 2017 nanti yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang, Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah bersurat kepada Presiden RI Ir Joko Widodo agar kiranya dapat menghadiri Event tahunan Wakatobi Wave 2017.

“Saya sudah bersurat kepada pak Presiden agar beliau dapat hadir di Wakatovi Wave 2017 Oktober nanti,” ujar Arief Yahya.

Raim Laode saat menghibur tamu undangan
Raim Laode saat menghibur tamu undangan

Namun, menurut Arief Yahya, Pemerintah Kabupaten Wakatobi harus mempersiapkan persiapan dengan matang, seperti mendatangkan koreografer nasionanal, komposer nasional, dan desainer nasional.

“Kalau beliau (Ir Joko Widodo, red) harus perfect. Jadi koreografi penari harus dari nasional, desainer nasional untuk mendesain pakaian penari, komposer nasional untuk musiknya agar standar nasional,” ujar Arief.

Laporan : Azwirman

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •