Mahasiswa UGM KKN di Muna Barat

oleh
Asisten I Setda Kabupaten Muna Barat (Mubar), Abdul Nasir Kola

ANOATIMES.ID, MUBAR – Sebanyak 30 orang mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 30 mahasiswa UGM tersebut terdiri dari sembilan jurusan yakni jurusan Biologi sebanyak 1 orang, Ilmu Budaya 8 orang, Ilmu Sosial Politik (Isipol) 2 orang, Kedokteran Gigi 1 orang, Kedokteran Hewan 1 orang. Kemudian, kehutanan 2 orang, Mipa 7 orang, Teknik 7 orang dan Tekonolgi Pertanian 1 orang.

“Insyaallah 30 mahasiswa UGM yang akan KKN di Mubar itu akan tiba pada Senin (1/7/2019) subuh. Kita akan menjemput di Pelabuhan Nusantara Raha dan selanjutnya pukul 08.00 wita akan diterima langsung oleh Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumafa di kantor Bupati,” kata Asisten I Setda Mubar, Abdul Nasir Kola saat dihubungi melalui telpon selulernya, Sabtu (29/6/2019).

Kata Nasir Kola, 30 mahasiswa KKN UGM ini nantinya akan ditempatkan di tiga desa yang ada di Kecamatan Tiworo Utara yakni desa Tondasi, desa Santiri, dan desa Tiga (pulau Mandike). Lanjut dia, mahasiswa UGM ini melakukan KKN di Mubar selama 55 hari atau hampir dua bulan.

“Kenapa kita tempatkan di Kecamatan Tiworo Utara, karena di sana terdapat obyek wisata Pulau Indo. Dan sesuai tema dari KKN yakni Optimalisasi Peran Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pariwisata,” ungkapnya.

Mantan Kadis Pariwisata Mubar ini berharap dengan kehadiran mahasiswa KKN dari UGM ini agar ilmu mereka miliki dapat diimplemaentasikan sesuai dengan tema KKN mereka dan bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama pemerintah daerah. Selain itu, juga dapat mempromosikan obyek wisata yang ada di tempat mereka seperti Pulau Indo.

Untuk diketahui, dari 30 orang mahasiswa KKN dari UGM ini ada 4 orang berasal dari Sultra yakni 3 orang dari Muna dan 1 orang dari Kota Kendari. Sedangkan 26 orang lainnya berasal dari luar Sultra atau dari daerah Jawa.

 

Laporan : Dery