Mau Mudik? Ini Puncak Arus Mudik di Sultra

oleh -45 views

ANOATIMES.ID, KENDARI – Lebaran Idul Fitri 1438 Hijruyah/2017 tinggal mengihutung hari. Nha bagi para pemudik harus sudah mempersiapkan diri, salah satunys mengetahui kapan saja puncak arus mudik terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memprediksikan bahwa puncak arus mudik terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran.

“Puncaknya itu 4 hari sebelum lebaran hingga 3 hari sebelum lebaran,” ujar Kadishub Sultra, Hado Hasina, Jumat (16/6/2017).

Ia menambahkan, untuk penumpang dalam seharinya yang akan keluar dari Kota Kendari selama puncak mudik tersebut diprediksikan diangka 7 ribu.

“Pemudik yang lewat pelabuhan Kendari itu 3.000 orang perhari, pelabuhan kolaka 2.500 orang, bandara 2.900, via pelabuhan Amolengo 1.900 dan Torobulu 2.200 perhari,” prediksi Hado.

Ia juga meminta kepada para pemudik agar selalu patuh pada rambu lalu lintas demi keselamatan mereka sendiri.

Lanjutnya, barang bawaan juga dijaga dengan baik agar tidak hilang selama perjalanan mudik.

“Kalau bisa para pemudik ini berangkat sebelum H-4 dan H-3. Atau seperti katanya Menteri Jonan saja lebih baik tidak pernah berangkat dari pada tidak pernah sampai,” imbuh mantan Plt Sekda Butur tersebut.

Laporan : Rahmat R.