Mimpi Nur Alam yang Terwujud

0
470
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Teguh Setyabudi saat memberikan sambutan sebelum sebelum pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Al Alam, Jumat (27/4). Foto : Jayusman / anoatimes.id

ANOATIMES.ID. KENDARI – Ada yang kurang saat peresmian Masjid Al Alam. Dimana penggagas masjid ditengah teluk Kendari, H. Nur Alam yang juga mantan Gubernur Sultra tidak bisa menyaksikan langsung Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi menekan tombol sirene tanda diresmikan dan dibukanya masjid Al Alam.

Vonis 12 tahun penjara terhadap Nur Alam atas tindak pidana yang dilakukannya, membuat mantan gubernur dua periode tidak bisa melihat kemegahan masjid.

Tapi sekarang, tepatnya di hari Jumat (27/4) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-54 masjid itu berdiri megah dan kokoh. Tentunya ini jadi momen spesial bagi Nur Alam dibalik cobaan yang ia tengah jalani.

Jika diingat kembali, saat Nur Alam mencetuskan ide membangun masjid di teluk Kendari banyak yang menganggap itu mustahil.

Teguh Setyabudi memuji Nur Alam sebagai gubernur visioner, yang mampu membuktikan janjinya dengan pembangunan masjid Al Alam dan jembatan Bahteramas.

“Gubernur H Nur Alam seorang pemimpin visioner. Beliau menancapkan tonggak sejarah baru pembangunan di Sultra berupa pembangunan masjid Al Alam dan jembatan Bahteramas,” ucapnya dihadapan jamaah shalat Jumat Masjid Al Alam.

Teguh menilai masjid Al Alam adalah ikon baru Provinsi Sultra, yang mana Nur Alam bisa memberi kebanggaan masyarakat Sultra dengan adanya masjid ditengah teluk Kendari.

“Saya pribadi kagum dengan H Nur Alam bisa mewujudkan masjid di tengah teluk Kendari,” ujarnya kagum.

Kekaguman Teguh bukan hanya kemampuan gubernur sebelumnya realisasikan impiannya. Namun kegigihan Nur Alam membangunnya dengan APBD tanpa harus mengemis APBN.

“Untuk itu saya sebagai Pj gubernur menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kontribusi bapak H. Nur Alam,” katanya.

Namun diantara semua itu kata Teguh, masjid ini merupakan prestasi dan komitmen penggagas masjid Al Alam (Nur Alam) yang ingin melaksanakan perintah Allah SWT, yakni membangun sekaligus memakmurkan masjid.

Diakhir sambutannya, Teguh meminta umat Islam memakmurkan masjid ini. Walaupun bangunan masjid masih butuh penyempurnaan.

“Masjid ini bukan hanya sebagai tempat beribadah. Namun masjid ini bisa kita fungsikan untuk pemberdayaan umat Islam di Sultra,” imbaunya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh mengatakan, dirinya salut dan kagum pada Nur Alam mampu mewujudkan impiannya membangun masjid di tengah Kendari.

“Walaupun diwarnai pro dan kontra rencana pembangunan masjid ini, beliau (Nur Alam) bisa mewujudkan impiannya,” katanya.

Dirinya mengingat, walaupun banyak yang menertawai ide Nur Alam. Tapi dia (Nur Alam) tetap konsisten ingin mewujudkannya.

Bahkan sebagai ketua DPRD Sultra mendukung pendirian masjid dengan menyetujui pendanaannya melalui APBD.

Laporan : Man

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here