Misi Media Kampus UHO, Jembatan layanan Informasi Publik

oleh

ANOATIMES,ID. KENDARI – Keterbukaan informasi di organisasi maupun lembaga merupakan hal mendasar dalam membangun komunikasi yang baik dengan publik.

Di lingkungan perguruan tinggi, keterbukaan informasi juga penting untuk menyampaikan sekaligus menyebarluaskan kegiatan dan kontribusi apa saja yang dilakukan kampus.

Universitas Halu Oleo (UHO) dibawah kepemimpinan Rektor Prof Muhammad Zamrun menyadari pentingnya keterbukaan informasi di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Sebagai kampus terbesar di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), UHO ingin menyebarkan visi dan misi Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu ini. Untuk itu, UHO menghadirkan sebuah media center dengan nama “Misi Media Kampus” sebagai jembatan informasi publik yang dipromotori oleh Kabag Umum, Hukum, dan Tata Laksana (UHTH) Maulid S.Sos, M.Si.

Kabag UHTH, Maulid, S.sos, MSi

Maulid mengatakan Misi Media Kampus merupakan Judul Proyek Perubahan Diklatpi Angkatan XX di LAN Makassar Tahun 2019. Proyek perubahan ini kata Maulid, adalah sebuah gagasan dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Informasi dan Publikasi Kampus, serta Peran Serta Kontributor Berita dalam memberikan Informasi terintegrasi di Media Massa dan Portal Media Kampus di Web Universitas Halu Oleo.

Dijelaskannya, Misi merupakan singkatan dari judul Proyek Perubahan yaitu Mart Informasi dan Publikasi, namun Misi ini mempunyai korelasi dengan singkatan dari judul ini. Dimana Proyek Perubahan merupakan suatu ide atau gagasan baru untuk perubahan pola pikir baik jangka pendek, menengah sampai jangka panjang.

“Sedangkan pengertian Misi merupakan Cita atau Impian sebuah organisasi atau institusi yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang,” jelasnya.

Media secara harfiah kata tersebut mempunyai arti “perantara” atau “pengantar”, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.

Kampus adalah UHO sebagai produsen untuk menyampaikan data atau fakta kepada publik. “Jadi Misi Media Kampus dapat disimpulkan sebagai Cita atau impian untuk jangka panjang dari sebuah organisasi atau institusi, dimana dalam hal ini UHO sebagai produsen kepada masyarakat sebagai konsumen untuk menyampaikan data atau fakta yang telah dikelolah media kampus, sehingga menjadi layak untuk di beritakan kepada khalayak publik,” terangnya.

Lalu apa tujuan dan manfaat dari Media Kampus UHO?

Maulid menjelaskan ada tiga tujuan yang akan dicapai Media Kampus UHO, yaitu jangka panjang pendek, menengah dan panjang.

  1. Jangka Pendek.
    a. Tersedianya Tim pengelola informasi dan Publikasi di humas.
    b. Tersedianya kontributor Berita di semua unit unit fakultas dan lembaga.
    c. Tersedianya Portal Misi Media Kampus di Web UHO sebagai tempat penayangan informasi Kampus.
    d. Terwujudnya sinergitas dan Komitmen antara UHO dan Media Massa.
    e. Tersedianya berita secara terintegrasi kegiatan Kampus, baik di Portal Misi Media Kampus maupun di media massa.
    f. Tersedianya SOP sebagai pedoman kerja Tim pengelola Informasi dan publikasi, Kontributor Berita dan Media Massa, terkait Informasi 1 (satu) pintu.
  2. Jangka Menengah.
    a. Terlaksananya Pendidikan dan Pelatihan bagi Pengelolah Informasi dan Publikasi serta Kontributor berita Fakultas, Lembaga dan UPT.
    b. Adanya usulan perencanaa pembuatan Studio Media Center UHO.
    c. Adanya usulan perencanaa pembuatan Ruang Teater (Comference Press).
  3. Jangka Penjang.
    a. Tersedianya Studio Media Center UHO.
    b. Tersedianya Ruang Teater (Comference Press).
    c Tersedianya Televisi kampus.

Manfaat kehadiran Misi Media Kampus UHO kata Maulid, yaitu:

1. Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin.
2. Untuk memperoleh tempat dalam pemberitaan media yang wajar, obyektif dan berimbang mengenai ha-hal yang menguntungkan lembaga/ organisasi.

Laporan : Yus