Nasib Caleg Eks Koruptor, KPU Sultra Tunggu Putusan KPU RI

0
171
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra saat menggelar Sosialisasi Tahapan Kampanye Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto : Awi / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan bahwa PKPU yang melarang mantan napi koruptor maju menjadi caleg bertentangan dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Dengan begitu Eks Napi Koruptor boleh mencalonkan diri.

Di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra sebelumnya sempat mencoret caleg eks Koruptor dikarenakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani yang ditemui di sela-sela kegiatan Sosialisasi Tahapan Kampanye Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Sultra, di salah satu Hotel di Kendari, Selasa (18/9) mengatakan KPU Sultra masih menunggu putusan KPU RI mengenai tindak lanjut pasca keluarnya putusan MA.

Baca Juga : KPU Sultra Warning Calon Anggota DPD RI

“Kita menunggu putusan KPU RI bagaimana terhadap caleg mantan napi korupsi yang sudah kita TMS-kan,” ujar Ade Suerani.

Sejauh ini, kata Ade Suerani belum ada instruksi atau arahan dari KPU RI tentang petunjuk selanjutnya terhadap putusan MA, namun yang jelas KPU Sultra tetap menunggu putusan KPU RI sebab KPU Sultra hanyalah perpanjangan tangan dari KPU RI.

“Belum ada petunjuk tindak lanjut putusan MA,” katanya.

Selama belum ada putusan atau instruksi dari KPU RI, KPU Sultra tetap melanjutkan proses sesuai tahapan, dan dalam waktu dekat KPU bakal melaksanakan penetapan DCT.

“Kita masih melakukan tahapan secara normal,” ungkap mantan Komisioner KPU Kota Kendari itu.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here