Pangdam XIV/Hasanuddin Tinjau Dapur Umum TNI-Polri, dan Salurkan Bantuan ke Masyarakat Kepulauan

oleh -132 views
Mayjen TNI Andi Sumangerukka bersama bersama Wakapolda Sulsel Drs Halim Pagarra meninjau dapur umum yang menyiapkan makanan sahur dan berbuka kepada masyarakat
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, MAKASSAR – Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, bersama Wakapolda Sulsel Drs Halim Pagarra meninjau dapur umum TNI-Polri di Markas Bekangdam XIV/Hsn Jl.Lanto Daeng Pasewang Makassar, Sabtu (9/05/2020).

Pangdam mengatakan dapur umum TNI-Polri yang disiapkan berjumlah ada empat tempat. Dimana masing-masing dua dapur umum dikelola Kodam yang berada di Mako Bekangdam dan di Koramil Biringkanaya. Sedangkan yang duanya lagi dikelola Polda Sulsel yang berada di Mako Brimob dan di Makosat Pelopor.

“Saat ini ke empat dapur tersebut setiap harinya menyiapkan makanan untuk berbuka puasa 2.000 box nasi dan untuk sahur 2.000 juga,” ujar Pangdam.

Pangdam juga mengapresiasi seluruh relawan yang dengan tulus ikhlas membantu sesama masyarakat, khususnya yang terdampak covid19. “Berbagai bantuan terus mengalir bukti partisipatif masyarakat sangat tinggi,” kata Pangdam.

Selain meninjau dapur umum, orang nomor wahid di Jajaran Kodam XIV/Hasanuddin bersama relawan menyerahkan bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, bertempat di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pangdam bersama beberapa relawan, yayasan maupun paguyuban yang berada di Kota Makassar.

Mayjen TNI Andi Sumangerukka bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Arinta Andi Sumangerukka menyalurkan bantuan ke masyarakat di Kepulauan.

“Kita bersama-sama dari Walubi Sulsel, Yayasan Buddha Tzu Chi Sulsel, Klenteng Xiang MA Makassar dan INTI Sulsel, mereka berpartisipasi membantu untuk membagikan sembako,” tuturnya.

Kata Ketua I Pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel ini menjelaskan sebelumnya penyaluran bantuan menyasar masyarakat di perkotaan. Dan saat ini, Kodam berusaha untuk menjangkau daan menyalurkan bantuan ke masyarakat yang berada di kepulauan.

“Selama ini kita lakukan di kota, sekarang ini kita berusaha menyalurkan di Kepulauan, karena mereka-mereka ini sulit disentuh kalau tidak ada transportasi, jadi kita menggunakan kapal”, sambung Pangdam.

“Insya Allah pada saatnya nanti, bantuan yang ada kita himpun, setelah itu akan disalurkan, semua yang berada di Kepulauan dapat tersentuh juga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini”, tutupnya.

Sebelum meninggalkan Pulau Barrang Lompo Pangdam menghimbau kepada aparat setempat dan warga untuk tetap selalu waspada serta tetap menerapkan maklumat pemerintah untuk memerangi Covid-19.

Salah satu warga Barrang Lompo Dg. Tepa’ (70) mengaku senang atas bantuan yang diberikan oleh Bapak Pangdam, dengan mengungkapkan rasa terima kasihnya disertai rasa haru.

“Terima Kasih atas bantuanta (bantuannya) Bapak Pangdam, ini sangat membantu, apalagi situasi begini kasihan”, ungkapnya.

Adapun sembako yang dibagikan berjumlah 1.000 paket dengan peruntukan : 350 paket untuk warga di Pulau Barrang Lompo, 350 paket di Pulau Kodingareng dan 300 paket di Pulau Barrang Caddi.

Turut hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Arinta Andi Sumangerukka, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs. Halim Pagarra, Ketua Walubi Sulsel Hendry Sumitomo, Humas Klenteng Xiang MA Makassar Ricky, Sekretaris Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Albertus Yap, Camat Sangkarrang, Kapendam, Kabekangdam, Dandim 1408/BS dan Dandeninteldam XIV/Hasanuddin.

Laporan : Awi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •