Pantai Kampa, Miniatur Bali di Pesisir Pulau Wawonii

oleh
Pantai Kampa

ANOATIMES.ID, KONKEP – Bali, daerah yang terkenal dengan keindahan obek wisatanya yang sudah mendunia. Banyak wisatawan dari seluruh penjuru negera berdatangan ke Bali untuk menikmati keindahan wisatanya, seperti wisata pantainya yang memiliki pasir putih yang bersih dan panjang. Namun rupanya tidak hanya Bali saja yang memiliki objek wisata yang indah terlebih lagi pantai dengan hamparan pasir putih. Ialah Pulau Wawonii. Pulau yang sudah menjadi daerah otonimi dengan nama Kabupaten Konawe Kepulauan ini menjelas menjadi daerah wisata yang sayang bila tidak dikunjungi.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan ini, menyimpan banyak objek wisata yang tentu dapat memanjakan mata para wisatawan, terlebih lagi objek wisatanya masih sangat alami. Salah satu objek wisatanya ialah Pantai Kampa. Pantai yang terletak di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat ini, menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantainya, belum lagi dengan kejernihan air laut yang langsung menghadap ke lautan banda.

Untuk ke sana, tidak mesti mengeluarkan bajet yang besar pula. Dari Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari misalnya, anda hanya megeluarkan bajet tidak lebih dari Rp 40 ribu untuk sekali menyebrang menggunakan Kapal dari Kota Kendari ke Konawe Kepulauan. Waktu tempuhnya pun hanya 2 jam perjalanan laut. Setiba di Konawa Kepulauan, anda hanya tinggal menempuh perjalanan darat tak lebih dari 20 menit menggunakan kendaraan bermotor ke pantai yang disebut miniatur Bali ini.

Selain keindahan pantainya, di Pantai Kampa juga menyimpan hal unik, dimana dia titik tertentu jam digital wisatawan akan mundur satu jam dengan otomatis. Di titik itu waktu yang digunakan ialah Waktu Indonesia Barat (WIB), dan ketika meninggalkan titik itu jam digital akan kembali ke Waktu Indoneia Tengah (WITA).

Mengenai fasilitas, Pemerintah Konawe Kepulauan telah menyipkannya, mulai dari gazebo dan sarana lainnya. Di tahun ini juga pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parmudora) akan menambah ketersediaan infarstruktur dasar disekitar Pantai Kampa dengan kolaborasi anggaran Kementerian Desa dan APBD Konkep tahun 2019.

“Tahun ini (2019), kita mendapat anggaran sebanyak Rp 1,8 miliar dari Kementerian Desa untuk pembangunan infrastruktur dasar wisata di Pantai Kampa, antara lain gazebo, ruang ganti, musholah, gedung serbaguna, termasuk pos Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan juga dianggarkan dalam APBD Konkep sebanyak 1,1 miliar, jadi tahun ini akan disharing anggaran KPDT dan APBD Konkep untuk memoles wisata Pantai Kampa,” ujar Bupati Konawe Kepulauan, H Amrullah.

Dalam mengembangkan objek wisata di Konawe Kepulauan, Pemerintah mencanangkan dengan konsep tiga potensi wisata Wawonii yang berakronim KANOPI (Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan Benteng Watuntinapi).

“Kanopi ini bisa diartikan sebagai payung alam, lembah hutan yang masih hijau, rimbun dan diperkirakan belum tersentuh oleh manusia, jadi tagline ini sejalan dengan tujuan kita untuk mengembangkan potensi wisata dan sekaligus menjaga kelestarian alam Wawonii,” katanya.

Laporan : Jovi