Pelantikan Dua Komisioner Tambahan KPU Kabupaten/Kota Ranah KPU RI

0
296
Komisioner KPU Provinsi Sultra, Ade Suerani. Sumber Foto : Bosultra.com

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan sepenuhnya nama-nama anggota tambahan KPU kabupaten/kota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), untuk menentukan dua orang yang lulus melengkapi tiga komisioner KPU kabupaten/kota.

Komisioner KPU Sultra Ade Suerani mengungkapkan, untuk penetapan, pengumuman, pelantikan dan kapan mulai bertugas dua anggota tambahan KPU kabupaten/kota ialah sudah menjadi tanggung jawab KPU RI.

Baca Juga : Nasib Caleg Eks Koruptor, KPU Sultra Tunggu Putusan KPU RI

“Soal jadwal penetapan, pengumuman, pelantikan dan kapan mereka mulai bertugas kita tidak ada ranah ke sana (KPU RI),” katanya usai kegiatan rapat sosialisasi kampanye pemilu 2019 di salah satu hotel di kota Kendari, Selasa (18/9).

Ia menjelaskan, KPU Sultra hanya melaksanakan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan sebagaimana diperintahkan KPU RI, terhadap para calon komisioner tambahan.

“Semua kewenangan KPU RI. Kami hanya didelegasikan untuk melakukan fit and proper test, tugas kita sudah selesai,” terangnya.

“Tanggal 15 kemarin kita sudah mengirimkan hasil nilai tes fit and proper test ke KPU RI, jadi keputusan akhirnya ada pada mereka (KPU RI),” jelas mantan Komisioner KPU Kota Kendari itu.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here