Pemda Mubar Bakal Gelar Pasar Murah di Empat Lokasi

oleh
Kabid Perdagangan Disperindag Mubar, La Ode Anwarono

ANOATIMES.ID, MUBAR – Dalam mengantisipasi harga bahan pokok yang semakin naik selama Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menggelar pasar murah di empat lokasi yakni Desa Mekar Jaya, Kelurahan Tiworo, Desa Guali dan Lawa.

Penyelenggaraan pasar murah di tahun 2019 ini bertambah satu lokasi, di mana pada tahun sebelumnya titik pasar murah hanya berada di tiga lokasi saja yang mewakili tiga wilayah besar di Mubar yakni Lawa Raya tepatnya di Lawa, Kusambi Raya tepatnya di Desa Guali dan Tiworo Raya di Mekar Jaya.

“Setiap tahun kita adakan pasar murah ini, untuk tahun 2018 yang lalu kita adakan di tiga titik. Sementara, tahun 2019 ini kita akan tambah menjadi empat titik,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Mubar, La Ode Anwarono saat ditemui dikantornya, Kamis (16/5/2019).

Kata Anwarono, sejauh ini pihaknya sudah melakukan rapat dan koordinasi bersama Sekda Mubar serta pihak terkait untuk pelaksanaan pasar murah ini. Tetapi, semua tergantung dari kesiapan para distributor dan bulog.

“Jadi, Pemda Mubar akan bekerja sama dengan Bulog dan distributor untuk menyiapkan bahan pokok selama pasar murah ini digelar. Untuk distributor ini, setelah kita jajaki ada 10 toko besar yang siap bekerja sama dan bahkan ada toko dari Kabupaten Muna yakni dari Kabawo hanya saja dia punya pasar di Mubar,” tuturnya.

Saat ditanyai mengenai waktu akan digelarnya pasar murah ini, Anwarono menjawab, pihaknya akan melaksanakan pasar murah ini di atas 15 puasa keatas. Lanjut dia, untuk pelaksanaannya nanti tidak serentak di empat titik ini.

“Nanti itu kita akan gilir, mingkin hari pertama di Desa Guali, hari kedua di Desa Mekar Jaya dan seterusnya. Untuk waktunya itu, insyaallah pukul 14.00 wita,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya berharap dengan adanya kegiatan pasar murah ini, masyarakat dapat memperoleh barang-barang kebutuhan pokok (sembako) yang diinginkan dengan harga lebih murah atau terjangkau. Selain itu, untuk meringankan beban masyarakat selama Ramadhan dan menyambut Lebaran nantinya.

Laporan : Kardono