Pemda Mubar Mulai Salurkan Rastra ke KPM

oleh
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muna Barat, La Ode Takari

ANOATIMES.ID, MUBAR – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), mulai menyalurkan Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) ke masyarakat Mubar yang masuk ke dalam kategori Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tercatat ada 5881 Kepala keluarga (Kk) KPM yang menerima Rastra.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mubar, La Ode Takari mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog mengenai penyaluaran Rastrta, dan hasilnya penyaluran sudah bisa dilakukan bulan ini. Angka KPM di tahun 2018 ini sama dengan angka KPM di tahun sebelumnya di 2017 yakni mencapai 5881 Kk.

“Jadi penyaluran rastra ini akan di mulai bulan ini. Kita sudah kordinasi juga dengan Bulog dan sejauh ini tidak ada hambatan,” kata La Ode Takari dikantornya, Rabu (13/2/2019).

Ke depan di tahun 2019, kata La Ode Takari, penyaluran rastra kemungkinan akan dialihkan menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Insya Allah pertengahan tahun 2019 kita akan mengalihkan bantuan rastra menjadi BPNT ini. Para KPM ini akan diberikan kartu semacam ATM, jadi kalau mereka mau mencairkan bantuan, mereka langsung berhubungan dengan E-Warung (Elektronik Warung) yang telah disiapkan oleh pihak bank BRI,” tuturnya.

Namun, pengalihan menjadi BPNT masih sebatas wacana, sebab Pemerintah Kabupaten Mubar masih melihat progres program BPNT yang diterapkan lebih dulu di dua Kota di Sultra, yakni Kota Kendari dan Baubau.

“Dari 17 kabupaten/kota di Sultra baru dua kota yang melaksanakan BPNT ini yakni Kota Kendari dan Kota Bau-Bau. Jadi kabupaten yang lain akan melihat dulu bagaimana dua kota ini, kalau sukses Mubar juga akan memberlakukan BPNT dan paling tidak pertengahan tahun ini bisa terlaksana,” jelasnya.

La Ode Takari menggambarkan, bila BPNT diberlakukan di 2019 nanti, maka masyarakat KPM akan diberikan sebuah kartu yang nantinya digunakan dalam mengambil bantuan.

“Kalau diuangkan kartu tersebut sebesar Rp 110.000 per satu bulannya dan sasarannya itu untuk peningkatan gizi,” ungkapnya.

Laporan : Alim Mbar