Pemerintah Konkep Genjot Pengembangan Potensi Pariwisata

0
95
Launching Pengembangan Pariwisata Pantai Kampa oleh Bupati Konkep, Amrulllah

ANOATIMES.ID, KONKEP – Selain memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) rupanya juga menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang menarik. Melihat adanya potensi wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten Konkep saat ini tengah menggenjot pengembangan potensi-potensi pariwisata tersebut, harapannya dapat menggaet para wisatawan lokal dan asing.

Dari beberapa objek wisata yang ada, saat ini Pemerintah Kabupaten Konkep dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Amrullah – Andi Muhammad Lutfi tengah mempersiapkan objek wisata Pantai Kampa untuk dapat mendunia bersaing dengan objek wisata lainnya yang sudah lebih dulu menduia.

Pantai Kampa

Pantai Kampa memiliki keindahan yang dapat membuat wisatawan lupa akan segala kepenatan dalam dunia pekerjaan. Pantainya begitu putih, lautnya yang bening hingga dasar lautpun dan karang-karang sangat nampak jelas dari atas permukaan air laut. Tidak hanya itu, lokasi Pantai Kampa pun jauh dari pemukiman warga sehingga para wisatawan lokal maupun asing dapat merasakan nuansa berada di sebuah pulau terpencil.

Ada satu hal lagi yang membuat Pantai Kampa layak untuk dikunjungi, yaitu para wisatawan akan berada di dua zona waktu ketika berada di Pantai Kampa yakni Zona Waktu Indonesia Barat (WIB) dan Waktu Indonesia Tengah (Wita). Itu dapat dibuktikan terhadap jam digital wisatawan yang akan berubah secara otomatis.

Dalam mengembangkan Pantai Kampa, Pemerintah Konkep melibatkan enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Pariwisatan Pemuda dan Olahraga dengan tugas berinovasi membangun gerakan destinasi wisata alam Pantai Kampa. Dinas Perumahan dan Pemukiman, dengan berinovasi membangun grand desain rumah panggung. Dinas Sosial dengan berinovasi membentuk Kelompok Usaha Bersama Kampa Kreatif. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) dengan berinovasi, menciptakan akselerasi pengembangan wisata kuliner yang berbasis kearifan lokal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan berinovasi pada penguatan pendidikan seni budaya, serta Dinas Komunikasi dan Informasi dengan berinovasi komunitas peduli wisata.

Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Amrullah – Andi Muhammad Lutfi saat mencoba wisata kuliner di Pantai Kampa

Ke enam OPD tersebut sebelumnya telah mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) kepemimpinan (PIM) II di Provinsi Bali. Ke enam OPD tersebut membuat proyek perubahan secara terintegrasi yang berlokasi di Pantai Kampa. Dengan bertemakan “Konkep Grand Design Tourisme.

Pemda Launching Pengembangan Pantai Kampa

Bupati Konkep, Amrullah dalam sambutannya mengatakan launching pengembangan wisata Pantai Kampa tersebut, dapat ditindak lanjuti secara baik bagi masyarakat, dan pengelolaan obyek wisata maupun instansi pemerintahan. Pasalnya, obyek wisata Pantai Kampa adalah salah satu wisata unggulan yang akan diprioritaskan menjadi destinasi wisata dunia.

“Obyek wisata yang kita miliki saat ini sangat luar biasa dan mempesona jika kita mampu menjaga dan mengembangkannya. Obyek wisata ini salah satu wisata andalan kami yang akan diungulkan menjadi destinasi wisata dunia,” kata Bupati Konkep, H. Amrullah saat membacakan sambutan pembukaan launching inovasi pengembangan wisata Pantai Kampa, Selasa, (6/11/2018).

Amrullah mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA), merupakan faktor utama dan strategis demi tercapainya keberhasilan pembangunan Pulau Wawonii. “SDM dan SDA yang kita meliki sangat melimpah ruah akan menjadikan taraf kemandirian serta kesejahteraan suatu daerah. Oleh karena itu untuk menjawab tantangan global pembangunan pariwisataan, pengembangan SDM harus ditingkatkan. Pada penguasa kopetensi yang terfokus pada suatu bidang tertentu. Yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan daya saing, terutama antara kabupaten,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kadis PU Konkep itu mengatakan, para wisatawan lokal maupun mancanegara, akan datang berkunjung kesuatu daerah apabila daerah itu aman, nyaman dan kondusif. Industri pariwisata dapat menjadi tulang punggung perekonomian untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat.

“SDA yang kita miliki dan menerapkan secara serius agar dapat menjadikan Pulau Wawonii menjadi tempat tujuan wisata domestik maupun mancanegara,” ujarnya

Laporan : Jovi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here