Pemprov Siapkan Transportasi Laut Bagi Jamaah ke Masjid Al Alam

oleh -167 views
Ketgam : Masjid Al-Alam yang menjadi titik pusat pelaksanaan Shalat Id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Suñawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan Masjid Al-Alam sebagai titik pusat pelaksanaan Shalat Id.

Letak Masjid Al-Alam sendiri berada di Teluk Kendari dan hanya bisa ditempuh oleh jamaah dengan jalur darat.

Untuk mengantisipasi dan memudahkan jamaah ke Masjid Al-Alam, Pemprov Sultra menyediakan jalur alternatif laut, dengan menyediakan beberapa kapal khusus yang stand by di titik pemberangkatan yang sudah disiapkan panitia dan akan mengangkut jamaah ke Masjid Al-Alam.

Kepala Bagian Protokol dan Perjalanan Biro Umum Setda Provinsi Sultra, H Belli mengatakan pihaknya sudah mematangkan persiapan jalur untuk ke Masjid Al-Alam tersebut.

“Kami sudah matangkan semua jalur yang akan digunakan jamaah dan semalam sudah meeting point khusus untuk jalur laut menuju Al-Alam,” katanya saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (24/06/2017).

Ia menambahkan, bagi yang akan lewat jalur darat pihak panitia menyiapkan 5 bis kecil yang menunggu di Warkop Haji Anto 2 (Jembatan Triping) untuk mengangkut jamaah menuju masjid.

Sedangkan jalur laut, para jamaah bisa menunggu di titik pemberangkatan jalur Baypas depan Swiis Bell Hotel, pihak panitia telah menyiapkan beberapa kapal untuk mengangkut para jamaah menuju Masjid Al-Alam.

“Titik pemberangkatan menggunakan kapal, di baypas sekitar Hotel Swis Bell, ada tenda Dinas Perhubungan,” katanya.

Belli juga meminta bagi masyarakat yang akan sholat berjamaah di Masjid Al-Alam maka harus lebih cepat mempersiapkan diri. Untuk kapal dan bis akan standbye pukul 5.30 dititik yang telah ditentukan.

“Semua jalur itu sudah siap menunggu masyarakat akan sholat di Masjid Al-Alam. Pukul 5.30 semuanya on di tempat yang kami tentukan sebelumnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Shalat Id di Masjid Al-Alam, Gubernur Sultra, H Nur Alam direncanakan akan menjadi khatib

Laporan : Rahmat R.