Pemprov Sultra Peringati Hari Lahir Pancasila

oleh -33 views

ANOATIMES.ID, KENDARI – Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang ditetapkan pada 1 Juni, maka seluruh daerah di Indonesia wajib melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), tepat pada tanggal 1 Juni 2017 hari ini, Pemprov Sultra melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra dan diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov dengan mengenakan pakaian Korpri.

Dalam upacara tersebut Sekertaris Daerah, Lukman Abunawas selaku Inspektur Upacara (Irup) menggantikan Gubernur Sultra, H Nur Alam yang tengah melakukan Safari Ramadhan.

Lukman Abunawas dalam membacakan sambutan Presiden RI, Ir Joko Widodo mengatakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini merupakan yang pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, yang dipidatokan Ir Soekarno. Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila 18 Agustus 1945, adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Sementara itu, pembacaan Kepres RI Nomor 24 tahun 2016 dibacakan oleh Kabag Otonomi Daerah Pemprov Sultra Tomi Indra Sukiadi.

Laporan : Awi