Penentuan Pemenang Pilkada Bombana, Ini Penjelasan KPU RI

oleh -195 views
Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik saat memantau langsung pelaksanaan PSU di Bombana. Foto : Awi
Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik saat memantau langsung pelaksanaan PSU di Bombana. Foto : Awi

ANOATIMES.ID, BOMBANA – Hari ini, Rabu (7/6/2017) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) di tujuh tps dimulai.

Untuk menentukan pemenang Pilkada Bombana akan ditentukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik menjelaskan dalam PSU Bombana, KPU hanya menjalankan perintah MK yaitu melaksakan PSU di 7 tps, sementara untuk menentukan pemenang akan diputuskan oleh MK.

“KPU hanya melaksanakan perintah MK, yaitu melaksanakan PSU. Nantinya hasil di 7 tps akan dilaporkan ke MK dan MK yang memutuskan,” ujar Evi Novida Ginting, Rabu (7/6/2017) saat memantau langsung pelaksanaan PSU di Bombana.

Lebih lanjut, Evi Novida Ginting Manik menjelaskan setelah melakukan PSU, akan dilakukan rekapitulasi di Kabupaten, kemudian hasilnya dilaporkan ke Provinsi, KPU Provinsi melaporkan ke KPU RI dan KPU RI melaporkan ke MK.

“Setelah dilaporkan ke MK ,MK akan menggelar sidang dan semua pihak yang terlibat akan hadir. Kita tidak menentukan siapa yang menang, dan soal adanya saldo suara salah satu pasangan calon (paslon) itu juga MK yang akan putuskan. Intinya kita hanya melaksanakan perintah MK , MK yang putuskan melalui sidang,” ujarnya.

Laporan : Awi