Pergantian Kadis Dukcapil Wakatobi Tanpa Sepengetahuan Mendagri

0
176
Sekda Kabupaten Wakatobi, Ilyas Abibu

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan pemblokiran terhadap server E-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Wakatobi.

Alasan diblokirnya karena pelaporan bulanan Dinas Dukcapil Wakatobi terlambat. Usut punya usut rupanya tidak hanya itu yang membuat Kemendagri blokir server E-KTP Dukcapil Wakatobi, faktor lainnya ialah karena pergantian Kadis Dukcapil tidak diketahui oleh Kemendagri.

Harusnya, dalam pergantiannya, Pemerintah Wakatobi mengusul tiga nama pengganti ke Kemendagri melalui Provinsi, setelah itu Mentri Dalam Negeri (Mendagri) menyeleksinya.

Ini berbading terbalik dengan langkah yang dilakukan Pemda Wakatobi, seperti yang dikatakan Sekda Wakatobi, Ilyas Abibu, dimana pergantian Kadis Dukcapil tanpa sepengetahuan Kemendagri.

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan Dirjen Catatan Sipil dan aturan pergantian itu ada aturannya, tapi kemarin kita lakukan pergantian itu belum kita tau bahwa ada aturan itu, nah sekarang kita sudah perbaiki pergantian itu harus melalui proses usulan,” ujar Ilyas Abibu saat ditemui diruang kerjanya.

Lebih lanjut, Ilyas Abibu menjelaskan pemerintah sudah mengantongi tiga nama penganti Kadis Dukcapil yang akan di usulkan ke provinsi setelah itu Kemendagri, namun belum bisa menyebutkan namanya.

“Inilah yang kita percepat untuk usulan itu guna pergantian dari pada Kadis Dukcapil dan kita sudah siapkan tiga orang yang telah punya kompetensi untuk kepengurusan kependudukan kita.” tutupnya.

Laporan : Giswan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here