PGRI Wakatobi Bangun Kerjasama dengan CIDA

oleh
Ketua PGRI Kabupaten Wakatobi, Asman Hamdi

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Pengangguran memang merupakan persoalan yang belum dapat teratasi baik pemerintah pusat hingga daerah. Dibutuhkan kreatifitas pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja bagi para pengangguran yang tiap tahunnya tentu bertambah seiring banyaknya dengan kampus – kampus maupun sekolah – sekolah yang meloloskan tenaga kerja siap pakai.

Di Kabupaten Wakatobi, PGRI nya mencoba berfikir kreatif untuk menciptakan lapangan kerja tambahan. Saat ini, PGRI tengah membangun kerjasama dengan Lembaga Internasional CIDA (Canadian International Development Agency) dari Negara Kanada.

Ketua PGRI Kabupaten Wakatobi, Asman Hamdi mengatakan saat ini dirinya mencoba mengenjot satu program bernama Guru Masuk Desa, yang mana program tersebut nantinya akan bekerjasama dengan CIDA.

“Program Guru Masuk Desa adalah upaya PGRI dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Wakatobi,” ujar Asman Hamdi, Sabtu (18/5).

Menurut Asman Hamdi sebelumnya dirinya pernah bekerjasama dengan CIDA, yaitu pada tahun 2007 silam. Saat itu dirinya masih berkecimpung di dunia radio, dengan diirnya menjabar Direktur Radio Sikma 19.

“Saya selaku mantan Direktur Radio Sikma 19 pernah kerja sama dgn CIDA dalam peningkatan mutu pendidikan di tahun 2007, pada saat itu ada Cetak video kampanye pendidikan yang ditayangkan pada TV Sigma, diskusi pendidikan melalui siaran radio sigma19 dan pengadaan majalah dinding (mading) disetiap sekolah,” kata Asman Hamdi.

Selain meningkatkan mutu pendidikan di Waktobi, Program Guru Masuk Desa ini juga, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran serta menignkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan global di masa yang akan datang.

Laporan : Syaiful