Pj Gubernur Sultra Minta Bupati dan Wali Kota Sejahterakan Daerahnya

oleh -37 views
Pelaksanaan Upacara HUT Sultra ke 54 yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (27/4).

ANOTIMES.ID. KENDARI – Pejabat (Pj) Gubernur Sultra Teguh Setyabudi meminta 17 bupati/wali kota se-Sultra berusaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Permintaannya itu disampaikan saat memberi sambutan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke 54, di kantor Gubernur Sultra, Jumat (27/4).

Upacara yang dihadiri unsur forum komunikasi daerah beserta bupati/walikota itu, Teguh mendorong masing-masing bupati/wali kota mensejahterakan masyarakatnya dengan program-program unggulan.

“Saya mendorong pemerintah kabupaten/kota membuat program-program unggulan agar bisa memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” imbaunya.

Dirinya mengakui, usia provinsi Sultra ke-54 memang banyak tercatat kemajuan.

“Seperti semakin baiknya indeks ekonomi, pembangunan, pendidikan, kesehatan dan iklim demokrasi yang baik,” tuturnya.

Namun Pj gubernur mengungkapkan diusia Sultra ke-54, pertumbuhan ekonomi Sultra masih melambat.

“Ini bisa kita lihat sumber daya alam Sultra melimpah di darat dan laut tapi PAD (pendapatan asli daerah) masih rendah yakni 17,5 persen,” ungkapnya.

Menurut Teguh, ini dikarenakan pemerintah provinsi Sultra, kabupaten/kota masih berharap suntikan anggaran daerah tergantung dana transfer dari luar seperti APBN.

“Untuk itu saya meminta perlu ada kebijakan terpadu dan sinkronisasi antara pemprov dengan pemerintah kabupaten/kota, demi kemajuan Sultra di usia yang sudah memasuki setengah abad ini,” harapnya menutup sambutan.

Laporan : Man