PNS OTT Pungli Dana BOS di Muna Bakal di Proses Hukum

oleh -50 views
Lukman Abunawas
Lukman Abunawas

ANOATIMES.ID, KENDARI – Kasus operasi tangkap tangan (OTT) dana bantuan operasional sekolah (BOS) oleh oknum PNS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra di kabupaten Muna masih menjadi perbincangan publik.

Menurut Sekda Provinsi Sultra, Lukman Abunawas bahwa terkait kasus tersebut sudah ada laporan yang masuk di Pemprov Sultra.

“Memang ada laporan bahwa oknum PNS Dikbud Sultra tertangkap tangan karena melakukan pelanggaran, itu akan diproses hukum,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (06/06/2017).

Untuk sanksi etik oknum tersebut pihak pemprov masih menunggu laporan resmi dari pihak Kepolisian dan Saber Pungli Sultra.

Oknum tersebut bekerja sama dengan 23 Kepala Sekolah dan dimintai 2-3 juta perorang dengan tawar-menawar kerjasama.

Lukman menilai tidak hanya oknum PNS Dikbud tersebut yang medapatkan sanksi, tetapi juga para Kepala Sekolah yang penting ada bukti pelanggaran.

“Yang penting melanggar secara hukum dan pidana karena inikan korupsi ya. Jika terbukti ya pasti akan diberikan sanksi, baik administrasi maupun teguran,” tambahnya.

Menurutnya, terkait jabatan para Kepala Sekolah tersebut kemungkinan akan dicopot jika semuanya terbukti.

“Hal-hal yang terkait dengan jabatan mereka teracam dicopot jika terbukti. Tinggal dilihat tingkat kesalahan mereka dan pembuktiannya,” tegas mantan Bupati Konawe dua periode tersebut.

Laporan. : Rahmat R.