Polisi Tangkap Tangan Seorang Warga yang Bawa Setumpuk Amplop Berisikan Uang di Konsel

oleh -66 views
Screen Shoot video yang tengah viral di media sosial saat tertangkap tangan membawa setumpuk amplop berisikan uang

ANOATIMES.ID, KONSEL – Tengah viral di media sosial sebuah video berdurasi 21 detik, di mana dalam video tersebut seorang warga yang di duga salah satu tim sukses pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), tertangkap tangan oleh polisi sedang membawa setumpuk amplop berisikan uang. Di dalam video tersebut juga terlihat lembaran kertas yang di duga daftar nama-nama warga.

Kapolres Konawe Selatan (Konsel), AKBP Erwin Pratomo SIK membenarkan bahwa anggotanya telah mengamankan seorang warga yang membawa setumpuk amplop yang berisikan uang. Lanjut AKBP Erwin mengatakan saat kejadian anggotanya sedang melakukan operasi cipta kondisi sesuai dengan arahan dari Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra menjelang pemilihan 9 Desember 2020 mendatang.

“Ia benar petugas kami menangkap tangan salah satu warga, sesuai informasi hasil kerjasama kita dengan aparat desa setempat,” ujar AKBP Erwin Pratomo saat dihubungi anoatimes.id, Senin (7/12/2020) sore.

Walaupun pihaknya sudah menangkap tangan dan mengamankan warga tersebut, AKBP Erwin masih belum bisa menjelaskan warga tersebut tim sukses dari paslon nomor urut berapa, sebab kata dia, pihaknya mengedepankan asas praduga tak bersalah. Dan juga saat ini pihaknya sedang melakukan pendalaman mengenai bukti-bukti yang sudah diamankan dari tangan warga tersebut.

“Barang bukti yang sudah kita amankan berupa sejumlah amplop berisikan uang pecahan Rp 100 ribu. Nominalnya sementara kita hitung,” katanya.

Selain mengamankan amplop berisikan uang, polisi juga mengamankan lembaran kertas berisikan daftar nama. “Di duga demikian (daftar nama). Sudah ada target serangannya namun kami masih dalami. Itu nama-nama tersebut kapasitasnya sebagai apa,” tutur AKBP Erwin.

Lebih lanjut, polisi dengan dua melati dipundaknya itu menambahkan bahwa saat ini warga tersebut sedang diamankan dan diperiksa di Polsek Tinanggea. “Saat ini diamankan di Polsek Tinanggea, dimintai keterangan. Akan kita dalami siapa yang terlibat, jangan sampai nanti ada ASN yang terlibat, kalau ada yang terlibat tentunya kewenangan Bawaslu nanti yang akan menindak lanjuti,” tutupnya.

Ditempat berbeda, Ketua Bawaslu Konsel, Hasni juga membenarkan adanya seorang warga yang tertangkap tangan membawa setumpuk amplop berisikan uang. “Iya Benar,” tulis Hasni melalui pesan WhatsApp peribadinya.

Dikonfirmasi lebih lanjut mengenai uang tersebut dari siapa, Hasni belum bisa memberikan keterangan lebih banyak, namun dirinya mengatakan saat ini warga tersebut sedang di proses.

“Kami belum bisa komentar lebih banyak karena sementara diproses,” tuturnya.

Laporan : Awi