Prediksi BMKG: Juni, Sultra Masih Diguyur Hujan

0
65
Kantor BMKG Kendari. Foto : Wartasultra.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Badan Klimatologi, Meteorolgi, dan Geofisika Kendari memperkirakan bulan Juni ini umumnya wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) dan khususnya kota Kendari masih diguyur hujan.

Menurut Kepala BMKG Kendari, Addi Setiadi, Senin (4/6), di ruang kerjanya, mengatakan, intesitas hujan hampir setiap hari disebabkan pengaruh pusaran di belahan bumi utara meliputi Philipina sebelah timur, Papua, dan di atas laut China selatan.

“Imbas pusaran ini sampai ke wilayah Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara. Sehingga frekuensi hujan sering turun di bulan Mei sampai Juni,” katanya.

Ia menerangkan, adanya gangguan pusaran itu maka ikut mempengaruhi pola gerak angin atas pada level ketinggian 3000 kaki membentuk shear line atau belokan angin.

“Efek pusaran tersebut membuat belokan angin atau shear line,” ujarnya.

Belokan angin atau shear line, membuat perlambatan massa udara dan kelembapan udara yang tinggi mendukung pembentukan awan cumulonimbus penyebab hujan.

Awan tersebut ditandai dengan awan warna hitam menjulang membesar dengan ketinggian rendah.Tanda terbentuknya awan comulunimbus bisa dirasakan badan gerah dan cuaca terasa sangat panas.

“Awan cumulonimbus sangat dominan membentuk awan penghujan di atas wilayah Sultra. Maka cuaca di Sultra intesitas hujannya ada yang ringan, sedang, lebat dan sangat lebat,” ucapnya.

Laporan : Man

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here