Proses PAW 7 Aleg Wakatobi Terkesan Mandek, Bawaslu Sarankan Parpol Gugat ke Pengadilan

oleh -132 views
Sidang Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilu. Foto : Jayusman / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Hingga saat ini proses pengunduran diri 7 anggota legislatif DPRD Kabupaten Wakatobi tidak kunjung tuntas, bahkan terkesan mandek. Untuk itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyarakan kepada partai politik untuk mengajukan gugatan ke pengadilan.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menjelaskan berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa bupati/walikota dan gubernur seharusnya menindaklanjuti surat keputusan pemberhentian anggota dewan. Sedangkan untuk menilai proses lancar dan tidaknya proses PAW, kata Hamiruddin Udu bukanlah ranah Bawaslu.

Baca Juga : Bawaslu : Putusan KPUD Wakatobi Loloskan Muhammad Ali Dkk Tidak Melanggar Aturan

“Atas diamnya pejabat instansi atas proses PAW yang merugikan partai politik. Bawaslu menyarankan agar parpol menggugat di pengadilan” ujar Hamiruddin Udu dalam sidang putusan 7 aleg DPRD Kabupaten Wakatobi, Senin (31/12/2018) di kantor Bawaslu Sultra.

Untuk diketahui, 7 aleg DPRD Kabupaten Wakatobi tersebut ialah Muhammad Ali, Hamiruddin, Sutomo Hadi, Badalan, Sukardi, Ariati dan Muksin. ke tujuh aleg tersebut sudah menyatakan pindah dari partai awalnya yang mengantarkan mereka duduk di parlemen DPRD Wakatobi, dan mencalonkan diri kembali dalam Pilcaleg 2019 dengan partai berbeda.

Laporan : Jayusman