PT WIL Kolaka Diduga Menambang di Luar IUP

0
571
Demo PT WIL Kolaka
Pukat Sultra saat berdemonstrasi di KantOr ESDM Sultra dengan tuntukan pemberhentian sementara PT WIL yang diduga menambang di luar IUPnya. Foto: Rahmat R/anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Perusahaan Tambang PT Waja Inti Lestari (PT WIL) diduga telah melakukan aktivitas penambangan di luar Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini dibeberkan oleh sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai Pusat Kajian Tambang (PUKAT) Sultra saat berdemonstrasi di kantor Dinas ESDM Provinsi Sultra, Rabu 11 Oktober 2017.

Korlap Aksi, Irfan mengatakan perusahaan yang bergerak pada penambangan nikel tersebut telah melanggar PP No.23 pasal 29 tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara, IUP Eksplorasi diberikan berdasarkan permohonan dari badan usaha, koperasi dan perseorangan yang telah mendapatkan wilayah izin pertambangan.

“PT WIL telah melakukan aktifitas pertambangan di luar IUPnya. Hal ini telah menjadi sorotan keras bagi kami dan penggiat lingkungan lainnya,” katanya saat berorasi.

“Kami meminta kepada Dinas ESDM Sultra agar memberhentikan secepatnya aktifitas PT WIL yang diduga tidak memiliki IUP tersebut,” sambung Irfan.

Sementara itu, Ridwan Botji Plt Kadis ESDM Sultra mengatakan, IUP diterbitkan ole Bupati Kolaka dengan SK tahun 2010.

Menurutnya, pihak Pemprov tahu aktifitas perusahaan tersebut tetapi berdasarkan data yang diberikan oleh pihak Pemda Kolaka.

“Masalah lingkungan, perusahaan punya izin lingkungan dan yang lebih tahu adalah Kabupaten Kolaka,” kata Ridwan.

“Dinas ESDM Sultra tetap mengawasi PT WIL. Pihak perusahaan juga memiliki izin pinjam pakai hutan untuk aktivitas pertambangannya,” jelas laki-laki berkacamata itu.

Laporan : Rahmat R

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here