Rabu Dini Hari, Konawe Utara Diguncang Gempa

0
261
Titik Lokasi Sumber Gempa Bumi Tektonik . Foto : BMKG Kendari for anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Masyarakat Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (3/10) pukul 05.12 Wita dinihari di guncang gempa bumi tektonik.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam rilisnya menjelaskan gempa bumi tektonik yang mengguncang Konawe Utara berkekuatan M = 3,8 dengan episenter pada koordinat 3.44 LS – 122.86 BT sekitar 63.6 Km Timur Laut Kendari (81 km Timur Laut Wanggudu), Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 11 Km.

Baca Juga : Musisi Kendari Galang Dana Untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

“Berdasarkan laporan masyarakat Kecamatan Sawa, Kabupaten Konut, sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Masyarakat hanya merasakan guncangan,” tulis Rosa Amelia dalam rilisnya.

Menurut Rosa Amelia, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Manui yang berada di sekitar Manui – Sulawesi Tengah.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Gempa Bumi tidak berpotensi tsunami,” imbaunya.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Timur Laut Kendari (81 km Timur Laut Wanggudu), hingga laporan ini di susun pada pukul 08.00 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” ungkapnya.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here