Rasak-Andi Sulolipu, Pasangan Ideal di Pilwali Kendari

oleh -36 views

ANOATIMES.ID, KENDARI – Figur Abdul Rasak – Andi Sulolipu saat ini tengah ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat dan politisi di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari.

Ke duanya digadang-gadang untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari. Teranyar elektabilitas ke dua figur tersebut dinilai tinggi, sehingga salah satu partai besar yakni Partai Gerindra melirik ke dua figur tersebut untuk di usung di Pilwali Kendari.

Ke dua figur yang saat ini aktif di DPRD Kota Kendari, juga diniliai memiliki potensi besar dalam memenangkan Pilwali Kendari. Seperti yang dikatakan Pengamat Politik di Sultra, Dr Muhammad Najib Husen.

Najib mengatakan Abdul Rasak – Andi Sulolipu merupakan pasangan yang idel dan sangat tepat dalam salaing mengisi peta kekuatan di wilayah Kota Kendari.

“Pilwali yang lalu, kalau kita lihat memang Rasak kalah di Dapil Kendari-Kendari Barat. Nah, Andi Sulolipu ini berasal dari Dapil dimana dulu Rasak kalah. Jika ini terwujud berpasangan, maka kekuatan Rasak-Andi Sulolipu cukup signifikan untuk memenangkan Pilwali,”ujar Najib, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (17/1/2021).

Apalagi, lanjut Najib, dengan terujinya Andi Sulolipu lolos mencalonkan DPRD Kota Kendari, menandakan Andi Sulolipu punya basis massa yang jelas.

“Secara basis massa baik Andi Sulolipu maupun Rasak sudah teruji. Kalau kedua kekuatan ini bersatu saya kira patut diperhitungkan,” tuturnya.

Jika berkaca Pilwali 2017 lalu, papar Najib, Rasak yang berpasangan dengan Haris Andi Surahman kala itu memang bagus. Hanya saja, tambah Najib, Haris Andi Surahman, secara kalkulasi politik belum bisa dihitung bagaimana kekuatannya. Pasalnya, Haris belum tampil dikancah politik. Khususnya di Kota Kendari.

“Berbeda dengan Andi Sulolipu. Saya kira sudah bisa diukur, pada Pilcaleg lalu. Andi Sulolipu punya basis massa yang jelas,”pungkasnya.

Laporan : Awi