Satu Dari Tujuh TPS Tak Laksanakan PSU, Ini Penyebabnya

oleh -45 views

ANOATIMES.ID, BOMBANA – Dari 7 tps yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK) RI untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada, Rabu, 7 Juni 2017, hanya 6 tps saja yang melaksanakan PSU sementara satu tps lagi yakni tps Lamoare tidak melaksanakan PSU.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra, Hidayatullah mengatakan alasan tidak dilaksanakannya PSU di tps Lamoare menurut keterangan KPPS ialah karena tidak hadirnya saksi pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Kasra-Man Arfa.

“Alasan KPPS itu untuk tidak melaksanakan PSU tidak mendasar dan mengada-ada,” tegas Hidayatullah usai mengikuti rapat di KPUD Bombana, Rabu (7/6) malam hari.

Menurut Hidayatullah, harusnya KPPS tetap melaksanakan PSU walaupun tanpa kehadiran saksi dari salah satu paslon.

“Merekakan (kpps, red) sudah dibintek, harusnya tetap melaksanakan PSU, apabila ada salah satu saksi paslon yang tidak hadir kan bisa ditunda beberapa menit, kemudian bisa dilanjutkan lagi tanpa kehadiran saksi paslon, karena penyelenggara tidak boleh tunduk dengan ketidak hadiran saksi paslon,” jelasnya.

Untuk itu, pelaksanaan PSU untuk tps Lamoare di tunda dan baru akan dilaksankan pada tanggal 10 Juni mendatang.

“Ditunda dan akan dilaksankan pada 10 Juni mendatang. Dan itu disebut PSU Susulan,” ungkapnya.

Berikut tps yang melaksankan PSU:TPS 1 Desa Hukaea, TPS 2 Desa Lantari Jaya, TPS 2 Desa Tahi Ite, TPS 2 Marampuka, TPS 1 Marampuka, TPS Larete (tps Lemo).

Laporan : Awi