Seleksi Calon Paskibraka Nasional, Empat Pelajar Mubar Ikut Serta

oleh
Kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Barat La Ode D Hidayat bersama empat paskibraka muna barat yang bakal bersaing ditingkat Provinsi Sultra. Foto : Kardono / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, MUBAR – Saat ini pemerintah tengah melakukan seleksi terhadap calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Sang Saka Merah Putih yang nantinya akan bertugas pada Pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Istana Negara, 17 Agustus 2019 mendatang. Seleksi dilakukan secara merata terhadap seluruh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se-Indonesia.

Pelaksanaan seleksi dimulai dari tingkat daerah yaitu kabupaten dan kota. Selanjutnya dilakukan seleksi ditingkat provinsi, dan yang terpilih di tingkar provinsi akan mewakili provinsi tersebut di nasional. Salah satu daerah yang melaksanakan seleksi ialah Kabupaten Muna Barat (Mubar). Seleksi dilakukan pada 22 – 29 April 2018 kemarin, dan hasilnya ada empat pelajar terdiri dua laki – laki dan dua perempuan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupate Mubar, La Ode D Hidayat menjelaskan pada saat seleksi dilakukan terdapat 430 pelajar yang mengikuti seleksi di tahap pertama, dan yang lolos berjumlah 230 pelajar. “Dari 230, kita seleksi hingga mengerucut di 6 orang. Kita seleksi lagi berdasarkan postur tinggi, berat, PBB, akademik, dan wawasan hingga kita mendapatkan 4 pelajar yang akan bersaing pada tingkat provinsi,” ujar La Ode D Hidayat, Senin (6/5/2019) kemarin.

Dari 4 orang yang terpiilih untuk mewakili Mubar, pada tingkat provinsi, La Ode D Hidayat berharap ada salah satu dari 4 pelajar tersebut yang bisa lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sultra. Untuk itu, ke empat pelajar tersebut harus dapat menjaga kebugaran fisik dan mental mereka sebab akan berasing dengan perwakilan dari 17 kabupaten dan kota se – Sultra.

“Tahun ini, kita targetkan ada salah satu siswa kami bisa lolos pada paskibraka tingkat nasional ini,” harapnya.

Berikut identitas ke empat pelajar yang mewakili Kabupaten Mubar ditingkat provinsi :

  1. Amin Adil Ada berasal dari SMAN 1 Lawa,
  2. Nengah Wiko Anggriawan dari SMKN 1 Tiworo Utara,
  3. Diony Jasinta Mangambe dari SMAN 1 Maginti,
  4. Luh Rasmawati dari SMAN 1 Tikep.

Laporan : Kardono