Seni Budaya Meriahkan Vestifal Wakatobi Wave 2018

0
49
Tari Kolosal gabungan dari tari tradisional Empat Pulau di Wakatobi yang ditampilkan di Vestifal Wakatobi Wave 2018

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Pagelaran Vestifal Wakatobi Wonderful Vestifal and Expo (Wave) Tahun 2018, di Lapangan Merdeka Wangi-wangi, dimeriahkan berbagai antraksi dan busana budaya Kabupaten Wakatobi.

Tari Tradisional yang ditampilkan pada pembukaan Wakatobi Wave yaitu tari yang menggambarkan ciri khas masing-masing pulau, yang ditampilkan dalam satu pentasan dengan sebutan Tari Kolosal.

Baca Juga : Pemda Wakatobi Terus Genjot Pembangunan Tiga Dermaga Very

Pulau Wangi-wangi menampilkan Tari Lengko, Kaledupa dengan Tari Lariangi, Tomia dengan Tarian Sajo Mo’ane dan Pulau Binongko menampilkan Tari Balumpa yang dimainkan dalam satu kesatuan dengan jumlah peserta sebanyak 800 orang.

“Dari 20 event yang ada di Wakatobi ini, diantaranya seperti Festival Pulau Tukang Besi, Festival Pulau Tomia, Festival Barata, dan Festival Benteng Tindoi, Wakatobi Wave ini merupakan puncaknya,” kata Arhawi, Minggu, (11/11).

Festival Waktobi Wave tahun 2018 dibuka lansung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, dan dihadiri oleh menteri pariwisata yang diwakili Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Harianto, Tina Nur Alam, Sultan Buton LM Izat Manarfa, Putri pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan kepada pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di daerahnya sehingga, dapat dimasukan pada RPJMD Pemprov tahun 2018-2023.

“Bukan hanya wisata alam, tapi juga wisata budaya, sejarah, dan kuliner sebagai wisata unggulan, sehingga dibutukan kerja keras oleh pemerintah daerah untuk mengelola potensi tersebut. Sehingga memberikan manfaat seluas luasnya untuk masyarakat,” terang Ali Mazi.

Laporan : Syaiful La Wiu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here