Sjafei-Jayadin Dilantik 15 Januari, Sulkarnain Menunggu Restu Kemendagri

oleh -76 views
Kabag Otonom Provinsi Sultra, Tomi Indra Sukiadi
Kabag Otonom Provinsi Sultra, Tomi Indra Sukiadi

ANOATIMES.ID, KENDARI – Bupati dan Wakil Bupati Kolaka terpilih Ahmad Sjafei – Muhammad Jayadin direncanakan bakal dilantik pada 15 Januari 2019 mendatang. Ke duanya rencanya dilantik Ibu Kota Provinsi Sultra, Kota Kendari oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi. Berbeda dengan Ahmad Sjafei – Muhammad Jayadin yang sudah mendapat restu dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain justru belum mendapat restu kapan bakal di lantik sebagai Wali Kota Definitif Kota Kendari.

Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Sultra, Tomy Indra Sukiadi mengatakan untuk pelantikan Plt Wali Kota Kendari menjadi Wali Kota Kendari, Pemerintah Provinsi sudah mengirim surat usulan ke Kemendagri pada 28 Desember 2018 kemarin. Namun hingga kini belum ada jawaban dari Kemendagri kapan pelantikan Plt Wali Kota Kendari menjadi Wali Kota Kendari bisa dilakukan.

Baca Juga : SMSI dan Plt Wali Kota Kendari Siap Bersinergi

“Jadwal pelantikan Wali Kota Kendari masih tunggu pengesahan dari Mendagri, surat usulan pengangkatan sudah dikirim ke Kemendagri pada 28 Desember 2018 kemarin. Sedangkan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka terpilih rencananya tanggal 15 Januari akan dilantik gubernur,” ujar Tomy Indra Sukiadi saat dijumpai awak anoatimes.id, Jumat (4/1/2019) diruang kerjanya.

Tommy menambahkan untuk Kota Kendari, Pemerintah Provinsi mengirim dua surat usulan ke Kemendagri yaitu usulan pengangkatan Wali Kota dan usulan pemberhentian Wakil Wali kKota Kendari.

“Kita usulkan pelantikannya sebagai Wali Kota Definitif dan usulan pemberhentian dia (Sulkarnain) dari Wakil Wali Kota, yang nantinya posisi wakil akan diisi dari kader partai pengusung. Seperti di Kabupaten Buton yaitu Iis Eliyanti (istri mantan bupati Buton Umar Samiun) mengisi posisi wakil bupati Buton,” tuturnya.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi