Sukses Bangun Mubar, Masyarakat Laende dan Jompi Inginkan Rajiun Lanjutkan di Muna

oleh -168 views
La Ode M Rajiun Tumada saat menghadiri acara silahturahmi masyarakat Laende dan sekitarnya, yang dilaksanakan di Kelurahan Laende, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Jumat (14/2/2020). Foto: Adi R/anoatimes.id
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, MUNA – Bupati Muna Barat (Mubar) La Ode M Rajiun Tumada menghadiri undangan silahturahmi bersama masyarakat Laende dan Jompi. Dalam acara silaturahmi ini, masyarakat setempat menginginkan Rajiun Tumada maju dan siap mendukung di Pilkada Muna 2020.

Ratusan masyarakat yang hadir menyatakan dukungannya kepada Bapak Pelopor Pembangunan Kabupaten Muna Barat (Mubar). Dukungan tersebut, dinyatakan sebab melihat pembangunan di Mubar begitu pesat. Untuk itu, meminta maju dalam pertarungan lima tahunan ini sebagai pemimpin Muna 2020 dan dapat membangun bumi sowite ini lebih maju lagi seperti daerah lainnya di Sultra.

“Kami masyarakat Laende dan sekitar, siap mendukung penuh Bapak Rajiun Tumada untuk maju pada Pilkada Muna 2020. Kami para pemuda dan masyarakat Laende inginkan Muna lebih maju lagi seperti daerah lain seperti Kendari, Kolaka, dan Buton,” kata LM Bayanu selaku mewakili tokoh pemuda Laende, Jumat (14/2/2020).

Ditempat yang sama, tokoh masyarakat lainnya, La Bunga Baka mengaku terkejut dengan percepatan pembangunan yang ada di Mubar. Sebab, saat menjadi camat di wilayah Tikep dulu tidak seperti sekarang, tetapi dengan tangan dingin Rajiun semua berubah.

“Kita bisa lihat dulu Mubar bagaimana 2015 ke bawah, dan 2015 keatas sudah sangat cepat pembangunannya, mulai dari infranstruktur dasar seperti jalan dan lainnya. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung RT (Rajiun Tumada) dan sangat tepat membangun Muna kedepannya, tepat Pilkada 2020 ini,” tuturnya.

Mantan Wakil Bupati Muna di era Ridwan Bae ini mengaku siap mendukung RT, sebab sosok pemimpin seperti ini dia (tegas dan disiplin) yang sangat dirindukan masyarakat. Alasanya memdukung RT, dikarenakan melihat bumi sowite yang sangat memprihatinkan.

“Kita ketahui kabupaten di Sultra dahulu ada empat yakni Kendari, Kolaka, Buton dan Muna. Kendari, Kolaka dan Buton yang sekarang Kota Bau-Bau sangat maju. Muna begini saja, jadi dengan hadirnya sosok RT dapat membawa perubahan untuk Muna agar lebih maju lagi,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muna Barat La Ode M Rajiun Tumada mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Laende dan Jompi yang sudah mengundang dirinya dalam acara silahturahmi. Apa lagi, dirinya sangat berterima kasih atas dukungan masyarakat Laende dan sekitarnya.

Menurutnya, Laende ini merupakan daerah yang tidak asing baginya, sebab dia bersama orang tuanya pernah tinggal di sekitar Laende ini. Apa lagi, masa kecilnya juga dihabiskan di tempat ini.

“Laende ini adalah tempat yang tidak asing bagi saya dan keluarga. Di sini tempat bermain saya waktu kecil dan saya sangat berterima kasih atas undangan silahturahmi dan dukungan masyarakat Laende dan Jompi ini,” ungkapnya.

Didepan masyarakat Laende yang hadir dalam silahturahmi ini, Rajiun menegaskan dirinya akan maju dan menjadi bakal calon (balon) bupati Muna 2020. Menurutnya, demokrasi terbuka bagi siapapun, jangan dihalang-halangi sebab itu adalah hak demokrasi setiap masyarakat.

“Kita contohkan saja, baru baliho saja yang dipasang oleh masyarakat pencinta rajiun (MPR) sudah dirusaki. Baliho itu benda mati. Rajiun itu masih ada dan selalu menghadiri acara sosial kemasyarakat baik yang ada di Mubar maupun di Muna. Jadi kalau mau ketemu silahkan datang saja, jangan baliho yang dirusaki,” tuturnya.

Kata mantan Kasatpol PP Sultra ini, Muna dan Mubar terpisah dari segi administrasi pemerintahan. Tetapi dari segi adat, budaya, dan bahasa, Muna dan Mubar satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan oleh siapapun.

“Jadi tunjukanlah demokrasi yang sehat dan biarkan masyarakat Muna yang memilih pemimpin yang tepat untuk Muna lebih maju lagi. Jadi kalau mau Laende dan Jompi jadi tempat wisata, jawabannya ada pada RT,” imbuhnya.

 

Laporan: Adi R

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •