Sultra Hanya Dapat 6 Kursi di DPR RI, Nur Alam Kritik Dewan

oleh -49 views

ANOATIMES.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam merasa tidak puas dengan jatah kursi dapil Sultra hanya mendapat 6 kursi di DPR RI.

Menurutnya, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sultra kurang lebih sama, tetapi jumlah kursinya beda. Sultra hanya dapat jatah 5 kursi dan Sulteng 6 kursi.

“Ini dua daerahkan hampir sama, sebelumnya Sultra hanya 5 kursi ditambah 1 kursi menjadi 6. Sedangkan Sulteng dari 6 kursi menjadi 7 kursi,” ungkapnya di Grand Clarion, Sabtu (17/06/2017).

Lanjutnya, keputusan tersebut harus tetap diterima sebab ada penambahan satu kursi untuk Sultra.

Namun, kata dia, untuk para perumus kebijakan agar pada masa-masa mendatang asas proporsionalitas itu betul-betul dipertimbangkan.
“Sehingga tidak ada daerah terkurangi kuota kursinya. Sebab ini sangat berpengaruh pada keputusan terhadap kebijakan publik yang dibuat secara nasional,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gubernur Sultra dua periode ini menilai dari 12 komisi di DPR RI dan hanya 5 kursi jatah Sultra, maka sebagian komisi tidak ada delegasi dari Sultra.

“Dengan kekurangan kursi ini Sultra kadang tidak dapat mengkaver kebutuhan daerah karena kekurang kursi, meskipun ada loby sharing tetapi tetap tidak efektif,” tambahnya.

“Kedepan, kalau bisa dipertimbangkan lagi, kalau bisa disamakan dengan provinsi yang lain yang jumah penduduknya dan wajib pilihnya sama dengan Sultra. Idealnya itu harus 7 seperti Sulteng,” harapnya.

Laporan : Rahmat R.