Tahanan Rutan Raha Kabur, Ini Tanggapan Kemenkum HAM

0
607
Tahanan Rutan Kelas II Raha atas nama Derik yang melarikan diri dengan cara memanjat pagar Rutan menggunakan tali jangkar kapal. Foto : Istimewa

ANOATIMES.ID, KENDARI – Satu dari tiga tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) klas II B Raha melarikan diri, Minggu (3/6) kemarin. Ketiganya ialah Derik, Aco dan Haris.

Dari upaya mencoba melarikan diri hanya Derik yang berhasil melarikan diri, sedang Aco dan Haris mengurungkan niatnya dan memilih untuk tidak melarikan diri.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sultra, Sofyan mengatakan saat ini sudah ada tim yang diperintahkan untuk turun ke Rutan Klas II B Raha.

“Ia saya sudah tahu, sudah ada tim yang turun ke sana (Rutan Raha), lebih jelasnya ke Kadivpas ya,” ujar Sofyan di Kantornya, Senin (4/6) seraya meninggalkan awal media.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkum HAM, H Muslim menjelaskan ketiga tahanan tersebut sudah merencanakan aksi pelariannya, namun dua orang (Aco dan Haris, red) mengurungkan niatnya, hanya Derik yang berhasil melarikan diri,” kata Muslim.

Muslim menjelaskan pelarian Derik dilakukan dengan memanjat pagar Rutan Klas II B Raha menggunakan tali jangkar kapal.

“Sampai saat ini, masih dilakukan penyelidikan, Dia (Derik, red) melarikan diri menggunakan tali jangkar kapal,” katanya.

Sejauh ini, pihak Rutan Klas II B Raha bersama kepolisian sedang melakukan pengejaran terhadap Derik.

“Kita bersama kepolisian melakukan pengejaran,” tuturnya.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here