Tahun Ini, 85 SMK Se-Sultra Keciprat DAK

oleh
Rapat koordinasi tata kelola DAK SMK tahun 2019 di Hotel Claro

ANOATIMES.ID, KENDARI – Tahun 2019 ini, sebanyak 85 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se – Sulawesi Tenggara (Sultra) keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat

Total DAK yang dikucurkan pemerintah bagi 85 SMK di Sultra sebanyak Rp 106 miliar lebih yang akan dicairkan dalam tiga tahapan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sultra, Asrun Lio mengatakan DAK yang dikucurkan bagi 85 SMK yang sudah terpilih harus dikelola dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang ada.

“Untuk itu, hari ini kita laksanakan Rapat Koordinasi dari tanggal 13 – 16 Mei, yang diikuti oleh 85 Kepala Sekolah SMK yang mendapatkan DAK,” katanya, Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut, rapat koordinasi ini juga sebagai bentuk pembinaan kepada para kepala sekolah dalam menggunakan dan membuat pelaporan anggaran DAK.

“Diharapkan para kepala sekolah dapat menggunakan dan membuat laporan penggunaan anggaran dengan baik,” katanya.

Ditempat yang sama, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DAK SMK, La Ode Arfit Alusi menjelaskan dalam menentukan SMK yang layak mendapatkan DAK, pihak dinas sebelumnya telah melakukan verifikasi dari sekitar 200-san SMK Se – Sultra. Dari verifikasi tersebut ada 85 SMK yang dinilai layak mendapatkan DAK.

“Ada 158 orang yang melakukan verifikasi terhadap seluruh SMK,” katanya.

Penggunaan DAK sendiri hanya dapat dialokasikan untuk bangunan fisik seperti Rehab Gedung Laboratorium, Rehab Jamban, Bangun Jamban, Rehab Ruang Kelas Belajar (RKB), Rehab RKB, Rehab Ruang Praktek Siswa.

“Dalam rapat koordinasi ini juga, dilakukan penandatanganan MoU antara pihak sekolah dengan dinas,” tutupnya.

Dalam rakor yang digelar di Hotel Claro itu, La Ode Arfit Alusi mengaska bahwa pihak sekolah yang menerima DAK jangan terperdaya apabila ada oknum – oknum yang mengatasnamalan dinas.

“Bila ada oknum yang menatasnamaian dinas untuk mengambil keuntungan dari pihak sekolah itu jangan dipercaya. Bila ada, segera laporkan,” tegasnya.

Laporan : Awi