Tahun Ini, Pemda Mubar Kembali Rehab 10 Rumah Warga Tak Layak Huni

oleh
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muna Barat (Mubar), La Ode Takari

ANOATIMES.ID, MUBAR – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus berupaya mensejahterakan masyarakatnya, terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di garis kemiskinan.

Di tahun 2019 ini, Pemda Mubar kembali akan melakukan rehabilitasi terhadap 10 rumah warga yang masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Selama program ini dijalankan beberapa desa sudah mendapatkan bantuan tersebut diantaranya Desa Waturempe, Wookuni, Wulanga Jaya, Lawada, Wandoke dan Laworo.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mubar, La Ode Takari mengatakan jumlah RTLH di 2019 ini mengalami penurunan, dibanding tahun 2018 lalu, di 2018 lalu jumlah RTLH mencapai 29, dan di 2019 ini hanya 10.

“Jadi tahun ini kita akan rehab 10 unit rumah tak layak huni,” ungkapnya, Minggu (7/4/2019).

Lokasi RTLH yang akan di rehab ialah 5 unit di Desa Marobea dan 5 unit Desa Lakalamba, Kecamatan Sawerigadi. Per unit RTLH di anggarkan Rp 15 juta dari APBD 2019 untuk proses rehab.

“Rumah yang akan direhab sudah melalui tahapan peninjauan kelayakan. Dan hasilnya 10 rumah yang bakal direhab masuk dalam kategori keluarga miskin,” tuturnya.

Rencananya proses rehab bakal dimulai usai pesta demokrasi Pemilu 2019. Harapannya dengan adanya rehab RTLH ini dapat bermanfaat di masyarakat khususnya dalam berprilaku hidup bersih sehingga kesehatan masyarakat dapat terjamin.

“Kondisi ruma yang bakal di rehab, mengalami kebocoran, dan bagian dinding rumah sudah lapuk,” katanya.

Laporan : Alim Mbar