Tak Setor LPJ 2018, Anggaran DD Tahun 2019 Tiga Desa di Konkep Dipending

oleh
Kepala Dinas PMD Konkep, Drs Mihdar

ANOATIMES.ID, KONKEP – Tiga Desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yaitu Desa Langara Iwawo, Desa Wawolaa dan Desa Pesue, terpaksa harus dipending pencairan angaran Dana Desa (DD) tahun 2019 ini oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Alasannya tiga desa tesebut hingga saat ini Mei 2019 belum menyetorkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPSJ) penggunaan anggaran 2018.

Kepala Dinas DPMD Konkep, Drs Mihdar mengatakan tiga desa tesebut sama sekali belum menyetorkan LPJ tahap I,II, dan III tahun 2018 kemarin, sehingga DPMD harus melakukan penundaan pencairan DD terhadap tiga desa itu.

“Iya mereka belum menyetorkan LPJ pada 2018, makanya tahun ini kami perketat,” ungkap Mihdar, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (8/5/2019).

Selain tidak menyetorkan LPJ, lanjut Mihdar menambahkan ada pekerjaan yang belum selesai dikerjakan oleh para kepala desa tiga desa itu. Alasah itu jugalah yang membuat DPMD belum mencairkan anggaran DD 2019.

“kita tidak berani cairkan (DD 2019), nanti ada laporan fiktiv karena mereka juga belum tuntaskan pekerjaan mereka yang katanya tinggal sedikit,” tambah Mihdar.

Nantinya, apabila para kepala desa di tiga desa itu, menyetorkan LPJ tahun 2018, kata Mihdar, DPMD akan melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan tidak ada laporan fiktif.

“Setelah mereka setorkan itu LPJ, kita akan langsung pastikan di lapangan kebenaranya,” tutupnya.

Laporan : Jovi