Terminal Bayangan Masih Sulit Ditindak

oleh -32 views
Kepala Bidang Perhubungan Darat, Agus Sutarto. Foto : inilahsultra.com

ANOATIMES.ID, KENDARI – Keberadaan terminal bayangan di Kota Kendari terus membayangi terminal-terminal yang disediakan oleh Pemerintah Kota Kendari.

Akibatnya pendapatan para sopir mobil yang mengambil penumpang di dalam terminal berkurang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Ali Aksa melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Agus Sutarto mengatakan pihaknya telah mengambil langkah-lanhkah tegas untuk menertibkan terminal bayangan.

“Sebab tidak boleh ada aktivitas menurunkan atau menaikkan penumpang diluar terminal kendaraan yang sudah disiapkan,” ujarnya diruang kerjanya, Kamis (5/4).

Dishub Kota Kendari juga sudah kerap melakukan razia terhadap mobil berplat hitam atau plat gantung yang suka menjemput dan menurunkan penumpang. Namun masih banyak supir yang membandel.

“Kita sudah mulai menertibkan terminal bayangan sejak beberapa waktu yang lalu. Namun memang masih ada sopir yang nakal. Ke depan kita akan terus melakukan sidak dan penertiban agar semua bersih, nyaman dan tertib,” terangya.

Dikatakan Agus, ke depan tidak boleh lagi ada terminal bayangan di dalam Kota Kendari. Baik di kawasan pasar maupun lokasi lainnya.

“Saat ini memang masih banyak terminal bayangan dan kita terus melakukan penertiban. Tentu memang harus dilakukan dengan tegas,” ujarnya.

Dari pantauan Dishub Kendari kata Agus, ada beberapa titik mangkalnya mobil plat gantung yaitu Puuwatu, bundaran Mandonga, Baruga, Pasar Wua Wua, dan P2ID.

Agus mengungkapkan pihaknya mengakui sulit memberantas terminal bayangan. Maka ia berharap ada kesadaran dari sopir berplat hitam mengikuti aturan.

“Saya harap mereka mengikuti aturan yang ada, perlu kita sampaikan kalau penggunaan plat mobil harus sesuai peruntukkannya jika mengambil penumpang yang berhak mobil plat kuning bukannya mobil plat hitam,” imbaunya.

Laporan: Man