Tes Urine, Tiga Pegawai BNNP Sultra Positif Konsumsi Benzodiazepine

oleh -49 views
Kepala BNNP Sultra Bambang Priyambadha saat memantau pelaksanaan tes urine. Foto : Jayusman / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan tes urine mendadak pada seluruh pejabat, pegawai tetap dan tenaga kontrak, Kamis (10/1). Dari 76 pegawai yang dites urinenya, ditemukan ada tiga pegawai positif mengkonsumsi benzodiazepine.

Benzodiazepine merupakan jenis obat yang memiliki efek sedatif atau menenangkan. Benzodiazepin diresepkan bagi mereka yang cemas atau tertekan dan dapat digunakan dalam pengobatan jangka pendek pada beberapa masalah tidur tertentu. Obat tersebut dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati orang yang mengalami mania.

Baca Juga : BNNP Sultra Musnahkan 99,47 Gram Sabu

Kepala BNNP Sultra Bambang Priyambadha melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi La Mala, mengatakan hasil tes urine seluruh pegawai BNNP Sultra hasilnya bersih dari narkotika. Saat pelaksanaan tes urine ada tiga pegawai yang positif benzodiazepine, namun itu berdasarkan resep dokter.

“Setelah kita dalami, ternyata ke tiga pegawai BNNP Sultra sedang sakit dan untuk mengobati penyakitnya mereka mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter,” terangnya pada awak wartawan.

La Mala menjelaskan, ketiga pegawai yang positif benzodiazepine. Memperlihatkan bukti obat resep dokter yang telah mereka konsumsi di hadapan kepala BNNP Sultra.

“Mereka menunjukkan langsung resep obatnya,” ucapnya singkat.

Djelaskannya kegiatan tes urine ini dilaksanakan secara mendadak. Tujuannya untuk memastikan seluruh pejabat dan pegawai BNNP Sultra bebas dari pengunaan narkotika dan obat terlarang.

“Selaku aparat yang mencegah dan memberantas peredaran narkoba di Sultra, kami harus pastikan bahwa di internal kami harus terlebih dahulu bersih dari narkoba,” jelasnya.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi