Tim Nusantara Sehat Puskesmas Tondasi Lantik Kader Kesehatan Remaja di Mubar

oleh
Pelantikan - Tim Nusantara Sehat (NS) Puskesmas Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) melantik kader kesehatan remaja yang terdiri dari siswa SMKN 1 Tiworo Utara, yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat, Senin (1/4/2019).
  • 58
    Shares

ANOATIMES.ID, MUBAR – Tim Nusantara Sehat (NS) Puskesmas Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) melantik kader kesehatan remaja yang terdiri dari siswa SMKN 1 Tiworo Utara, yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat, Senin (1/4/2019).

Salah satu tim NS, Hafid Wabula mengatakan mengingat permasalahan kesehatan yang ada pada remaja, khususnya SMK atau sederajat cukup kompleks. Maka diperlukan adanya program untuk melakukan pencegahan maupun penanggupangan secara dini, yang melibatkan pihak sekolah, puskesmas serta masyarakat.

“Jadi pembentukan kader kesehatan remaja untuk tingkat SMP dan SMK/SMA sangat diperlukan. Dengan tujuan agar para siswa dapat menjadi penolong untuk dirinya sendiri, serta menjadi promotor dan motivator untuk teman sebaya, guru, keluarga dan masyarakat di luar sekolah dalam usaha-usaha kesehatan,” kata Hafid Wabula.

Kata Hafid sapaan akrabnya, menurut hasil riskesdas tahun 2018, usia remaja cukup tinggi terkena penyakit. Untuk itu, dengan pelantikan kader kesehatan remaja ini dapat mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menyebarluaskan informasi kesehatan.

“Kaum muda mampu berperan aktif dalam mewujudkan hal yang menuju ke arah pengembangan usaha kesehatan sekolah atau biasa dikenal dengan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). UKS remaja dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengutamakan kesehatan terutama pada saat proses belajar mengajar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Tiworo Utara, Saifuddin menyambut baik dengan pembentukan dan pelantikan kader kesehatan remaja ini. Tentunya, akan menerapkan hidup sehat dan menghidupkan kembali UKS di sekolah.

“Remaja dan masyarakat tidak hanya sekedar menjafi objek dari berbagai program pembangunan kesehata. Melainkan harus menjadi pelaku utama dalam pembangunan kesehatan tersebut,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada para kader dapat menjadi perpanjangan tangan dari puskesmas, untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, agar lebih mengenal pentingnya hidup sehat.

Laporan : Alim Mbar