Tingkatkan Kualitas Hasil Pertanian, Unilaki-Kemenristek Dikti Jalin Kerjasama

oleh -61 views
Penanaman Perdana Padi Varietas Sidenuk kerjasama Unilaki dan Kemenristek Dikti. Foto : Andri

ANOATIMES.ID, KONAWE – Guna meningkatkan kualitas, dan hasil pertanian padi di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Universitas Lakindende dan Kemenristek Dikti bekerjasama.

Kerjasama tersebut dimulai dengan melakukan penanaman padi jenis varietas Sidenuk yang melibatkan mahasiswa Fakultas Pertanian, di Kecamatan Puosu, Konawe.

Rektor Unilaki, Prof Laode Masihu Kamaluddin mengatakan dengan kerjasama tersebut diharapkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, yang di fokuskan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian, diharapkan dapat mempertanggung jawabkan hasilnya ke masyarakat.

Rektor Unilaki, Prof Laode Masihu Kamaluddin

“Hal ini merupakan riset, oleh karena itu kita bekerjasama dengan Ristekdikti, karena mereka membantu kita dari hasil riset, yang berkaitan dengan bibit unggul, pupuk unggul dan cara penanamannya bahkan dapat menciptakan alumni yang luar biasa nantinya,” ujar Prof Masihu, Sabtu (23/09/2017).

Lanjut Prof Laode Masihu menjelaskan pada dasarnya mahasiswa harus dilatih, sehingga saat menjadi alumni Unilaki mereka mampu mendesiminasikan hasil riset tersebut kepada masyarakat dalam bertani yang baik dan benar.

“Bahkan kita punya target kedepan, yakni per hektar itu bisa mengasilkan sembilan ton, dan akan menghasilkan beras yang bagus, dan maayarakat bisa menjadikannya sebagai contoh,” katanya.

Menurut Prof Masihu, sejauh ini Fakultas Pertanian Unilaki tidak hanya fokus pada pertanian padi saja, akan tetapi beberapa komoditi lainya juga seperti jagung, tomat dan cabai.

“Jadi kita menggunakan dua model pertanian yakni model terbuka yang fokus pada padi jenis varites sidenuk, untuk model tertutup atau green house kita fokus pada tomat dan cabai ” tutupnya.

Laporan : Andri