Tingkatkan SDM Pelajar, Pemda Konut Gandeng Universitas Chungbuk Korsel

oleh
Bupati Konut dan Rektor Chungbuk University saat meneken MoU. FOTO: Istimewa

ANOATIMES.ID, KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi meneken MoU atau kerjasama dengan Chungbuk University asal Korea Selatan (Korsel).

Kerjasasma keduanya meliputi Bidang Pendidikan, dimana para pelajar asal Konut akan menimba ilmu di Universitas Chungbuk. Usai menimba ilmu di Univesitas asal Korea tesebut, para pelajar dapat bekerja di perusahaan pertambangan MBG Grup.

“Tujuan Mou tersebut meningkatkan kualitas SDM pelajat. Dan juga agar dapat dimanfaatkam oleh para pelajar Konut dengan menimba ilmu di Univeritas Chungbuk. Biaya akan ditangung oleh perusahaan tambang Nikel MBG Group,” ujar Bupati Konut, Ruksamin via seluler, Sabtu (8/7/2017).

Lanjut, Ruksamin menjelaskan putra/putri daerah yang menimba ilmu di Korsel tersebut tidak lain untuk mengabdi pada negara khususnya nanti bagi daerah. Dan juga dalam pembicaraan tersebut nantinya pihak MBG Group tidak perlu membawa lagi tenaga kerja asal Korsel untuk bekerja di Konut.

“Hanya perlu mendidik pelajar asal Konut ke Korea sudah bisa menjadi bekal untuk bekerja ke daerah asalnya khususnya di MBG Grup. Selesai pembangunan smelter MBG Group di Konut nanti, para pelajar juga sudah pasti bisa menyelesaikan studinya, jadi tinggal bekerja didaerahnya,” tukasnya.

Laporan : Rahmat R