UHO Resmi Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Apoteker

oleh -365 views

ANOATIMES.ID, KENDARI – Di awal tahun 2019 ini, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melalui Fakultas Farmasi telah resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Apoteker. Kuota yang disiapkan untuk angkatan pertama ini maksimal 50 orang yang nantinya akan mengisi satu kelas.

Kepala Prodi Pendidikan Profesi Apoteker, Sabarudin mengatakan pendaftaran sudah dibuka sejak 2 – 11 Januari 2019 mendatang. Pendaftaran dilakukan dengan sistem Online melalui portal pendaftaran www.regapoteker.uho.ac.id

Baca Juga : Rektor UHO: Pendidikan Karakter Gantikan Ospek Mahasiswa

“Selanjutnya dilakukan seleksi berkas. Sedangkan pengumuman akan dilaksanakan 18 Januari mendatang,” tutur Sabarudin, Kamis (3/12/2019) saat dijumpai di ruang kerjanya.

Sabaruddin menjelaskan saat ini sarana dan prasarana yang dibutuhkan bagi mahasiswa pendidikan profesi apotekker sudah siap. Selain ruang perkuliahan, bebebapa laboratorium juga telah siap. Tidak hanya itu, tenaga pegajar juga merupakan dosen tetap di Fakutas Farmasi.

“Sarana dan prasarana sudah siap. Tinggal digunakan oleh mahasiswa nantinya,” ujarnya.

Sejak dibuka 2 Januari kemarin, hingga 3 Januari hari ini, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sudah hampir memenuhi kuota, namun diprediksi masih akan terus bertambah sebab pendaftaran baru akan berakhir pada 11 Januari mendatang.

“Yang sudah mendaftar hingga saat ini sudah berjumlah 45 orang,” katanya.

Menurutnya, animo calon mahasiswa cukup besar, sebab baru dua hari dibuka pendaftar sudah mencapai 45 orang. Peminat prodi baru di Fakultas Farmasi ini juga tidak hanya dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sebab tercatat ada beberapa calon mahasiswa yang berasal dari luar Sultra.

“Animo pendaftar cukup besar, bahkan ada juga pendaftar dari luar Sultra, misalnya dari Palu (Sulawesi Tengah).

Untuk sistem perkuliahannya nanti, lanjut Sabaruddin menjelaskan akan dilaksanakan dalam dua semester yakni satu semester perkuliahan, dan 1 semesternya lagi PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker).

Untuk diketahui, dengan resminya UHO membuka Prodi Pendidikan Profesi Apoteker, menjadikan UHO salah satu dari tiga universitas yang memiliki Pendidikan Profesi Apoteker selain Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

“Untuk diwilayah timur baru ada tiga yakni Unhas, UMI dan UHO,” ungkapnya.

Berikut jadwal pendaftarannya:

  1. Pendaftaran 2 – 11 Januari 2019.
  2. Pengumuman Seleksi Berkas 14 Januari 2019.
  3. Tes Potensi Akademik 15 Januari 2019, Pukul 08.00 WITA – Selesai.
  4. Tes Bidang Keilmuan 16 Januari 2019 Pukul 08.00 WITA – Selesai.
  5. Tes Wawancara 16 Januari 2019 Pukul 13.00 WITA – Selesai.
  6. Pengumuman 18 Januari 2019.
  7. Pendaftaran Ulang 18 – 25 Januari 2019.
  8. Pengisian KRS 28 Januari – 1 Februari 2019.
  9. Awal Perkuliahan 11 Februari 2019

Laporan : Awi