UNJ Pastikan Disertasi 5 Pejabat Pemprov Sultra Bukan Plagiat

oleh -109 views
Ilustrasi

ANOATIMES.ID, KENDARI – Dugaan plagiat Disertasi lima pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawei Tenggara (Sultra) yang menempuh program Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yakni Gubernur Sultra Nur Alam, Kepala Bappeda Nasir Andi Baso, Asisten I Setda Sarifuddin Safaa, Kepala BKD Nur Endang Abas, dan Kadis Perhubungan Hado Hasina itu tidak benar.

Pembuktian tersebut menemukan titik terang usai adanya lampiran surat tambahan penjelasan terhadap isi berita acara tim EKA Kemenristekdikti yang dilampirkan oleh Tim Mitra Penilaian Kinerja Akademik Pascasarjana UNJ.

Data yang dihimpun anoatimes.id, dalam lampiran tersebut tim mitra Penilaian Kinerja Akademik Pascasarjana UNJ yang beranggotakan lima orang Prof. Dr. Muchlis R Luddin, MA, Prof. Dr. Emzir , Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA, Dr. Dedi Purwana, M. Bus, Dr. Wardani Rahayu, dan Dr. Eng. Agung Premono, MT melakukan analisis mengunakan Turnitin yang merupakan salah satu program yang dikembangkan untuk mengantisipasi tindakan plagiat dengan sistem kerja menggunakan prinsip string matching.

Sesaat sebelum dilakukan interpretasi terhadap hasil Uji Turnitin untuk Disertasi yang disusun oleh kelima pejabat tersebut, terlebih dahulu dilakukan proses exclude (pengeluaran sumber indikasi plagiat) yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Sebelas Maret.

Hal ini dilakukan karena sebelumnya naskah disertasi yang bersangkutan telah diturnitin oleh pengelola pada kedua universitas ternama tersebut.

Jadi ketika dilakukan Uji Turnitin ulang, akan diperoleh persentase plagiarisme (index similarity) yang tinggi.

Namun usai dilakukan proses exclude, diperoleh hasil Persentase Plagiarisme (index similarity) secara keseluruhan yang memuat seluruh BAB diperoleh kesamaan sebesar 32% untuk Disertasi Nur Alam, 24% Disertasi Nasir Andi Baso, 29% Disertasi Syarifuddin Safaa, 28 % Disertasi Nur Endang Abas, dan 24 % untuk hasil Disertasi Hado Hasina.

Sehingga bila mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi dan Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor 1278/SP/2016 tentang Penetapan Uji TURNITIN sebagai Prasyarat Kelulusan Mahasiswa Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Negeri Jakarta serta hasil penelusuran uji turnitin sebagaimana telah dijelaskan diatas, maka disertasi kelima mahasiswa tersebut sudah memenuhi persyaratan peraturan akademik tentang plagiasi yang berlaku di UNJ.

Dikonfirmasi untuk menanggapi data tersebut Kepala Dines Perhubungan Sultra Hado saat dikonfirmasi mangatakan lampiran tersebut telah menjawab tuduhan tim EKA atas dugaan Plagiat Disertasi dalam penyelesaian Doktornya.

“Selama ini kami Kuliah, Disertasi itu saya yang buat, dengan adanya hal ini tentu tuduhan telah terjawab,” katanyanya saat dikonfirmasi via WhatAppnya, Senin (25/09/2017).

“Sekarang sudah dibuktikan tim internal kampus bahwa saya tidak plagiat, ” sambu Ketua Kekal Kendari ini.

Laporan : Rahmat R