Warga Konkep Adukan Dua Orang yang Diduga Karyawan PT GKP ke Polisi

oleh
Lahan Pak Idris yang diduga diserobot oleh PT Gema Kreasi Perdana (GKP). Foto : LBH for Anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Seorang warga Desa Sukarela, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sultra, Idris mengadukan dua orang yang diduga sebagai karyawan perusahaan tambang PT Gema Kreasi Perdana (GKP) di Polres Kendari.

Didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kendari, Idris mengadukan Sa dan seorang operator alat berat lantaran memasuki pekarangan dan merusak tanaman miliknya.

“Yang dilaporkan dua orang, Sa (sepupu pak Idris) dan seorang lagi operator alat berat,” ujar Direktur LBH, Anselmus, Rabu (14/8/2019) saat ditemui di Polres Kendari.

Anselmus mengatakan Pak Idris memiliki luas lahan sekitar setengah hektare dan dua orang yang dengan mengenakan seragam PT GKP datang dan meratakan segala tanaman milik Pak Idris.

“Yang dirusak sekitar 101 meter persegi, diatas luasan itu ada tanaman Kopi, Coklat, Pisang, Kelapa, dan Pinang. Mereka masuk tanpa izin,” kata Anselmus.

Anselmus menceritakan permulaan kejadian tersebut, terjadi pada 16 Juli 2019 lalu. Sa memanggil Pak Idris untuk melihat batas tanah miliknya, sesampainya di lokasi, Indris lalu kaget melihat tanaman miliknya sudah dirusak.

“Disitu Pak Idris respon merespon dan memukul Sa,” ujarnya.

“Kerugian pak Idris sekitar Rp 53 juta,” ungkapnya.

Laporan : Awi