Yusril Ihza Mahendra Beri Kuliah Umum di Unsultra

oleh -79 views
Yuzril Ihza Mahendra saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra). Senin (21/1/2019). Foto : Jayusman/anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Yusril Ihza Mahendra memberikan kuliah umum di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Senin (21/1). Tema kuliah umum yang ia bawakan bertemakan Demokrasi, Mahasiswa dan Masa Depan Indonesia. Yusril Ihza Mahendra mengatakan walaupun mayoritas masyarakat Indonesia menganut agama Islam, namun Indonesia menganut sistem demokrasi.

“Walaupun Indonesia bukan negara Islam tapi ada hukum-hukum syariat agama masuk dalam konstitusi negara,” terangnya dihadapan mahasiswa Unsultra.

Baca Juga : 22 Januari, 9 Figur Calon Sekda Sultra Seleksi Administrasi

Mantan Menteri Hukum dan HAM ini menjelaskan, bahwa mayoritas masyarakat penganut agama dalam suatu negara ikut mempengaruhi hukum negaranya. Demokrasi menurut Yusril Ihza Mahendra adalah demokrasi yang diangkat dari kesadaran hukum dan politik masyarakatnya.

Menurutnya sistem pemerintahan demokrasi asli Indonesia adalah desa. Sistem pemerintahan ini kata dia, menganut sistem musyawarah, seperti mengangkat kepala desa melalui musyawarah. Maka dimuat dalam sila ke empat Pancasila.

“Namun pasca reformasi dilakukan amandemen. Sehingga sistem demokrasi Indonesia seperti di Amerika serikat,” terangnya.

Ditempat yang sama, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengucapkan terimakasih kepada pakar hukum tata negara itu telah datang dan menyempatkan untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswanya.

Untuk diketahui, dalam kuliah umum yang dibawakan oleh Yuzril Ihza Mahendra juga dihadiri Bupati Konawe Utara, Ruksamin.

Laporan : Jayusman